PGN & KIS Biofuels Indonesia Jajaki Kerja Sama Pengembangan Biometana

PGN & KIS Biofuels Indonesia Jajaki Kerja Sama Pengembangan Biometana
PT PGN Tbk sebagai Subholding Gas Pertamina menyepakati kerja sama dengan PT KIS Biofuels Indonesia dalam acara SOE International Conference G20 di Nusa Dua, Bali, Selasa (18/10). Foto: Pertamina

jpnn.com, BALI - Untuk mengoptimasi transisi energi menuju energi terbarukan dan tindak lanjut terhadap kesiapan pengembangan biometana, PT PGN Tbk sebagai Subholding Gas Pertamina menyepakati kerja sama pengembangan bisnis Bio-CNG bersama PT KIS Biofuels Indonesia. 

Kesepakatan kerja sama dilakukan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman dalam acara SOE International Conference G20 di Nusa Dua, Bali, (18/10).

PGN dan KIS menyepakati pelaksanaan studi kelayakan bersama terkait pengembangan bisnis biometana mulai dari pembangunan sampai pengembangan yang dapat dialirkan sampai ke pelanggan baik dalam bentuk Bio-CNG maupun injeksi langsung ke infrastruktur pipa gas PGN.

“PGN dan KIS sepakat untuk penjajakan investasi bersama dalam rangka pembangunan pabrik Biometana dan fasilitas pendukung lainnya. KIS akan menyediakan informasi teknis/ komersial kepada PGN terkait dengan proses produksi biometana, transportasi, dan pelanggan Bio-CNG,” kata CEO Subholding Gas Pertamina PT PGN Tbk, M. Haryo Yunianto, (18/10).

Bio-CNG merupakan biometana yang di kompres yang salah satunya melalui pengolahan dari limbah cair pabrik minyak kelapa sawit yang disebut dengan Palm Oil Mill Effluent (POME). 

Limbah ini akan membahayakan lingkungan karena menyumbang efek rumah kaca jika tidak diolah namun jika dimanfaatkan dengan baik dapat menjadi sumber energi hijau yang ramah lingkungan. Karakteristik biometana mirip dengan gas bumi, sehingga dapat dimanfaatkan untuk kendaraan, pemanas, dan generator listrik.

PGN akan menyediakan informasi yang diperlukan oleh KIS Group dalam penyusunan model investasi yang layak secara teknis maupun komersial. 

Dengan kapabilitas KIS pada bisnis Bio-CNG, PGN berharap kerja sama ini dapat berjalan smooth, sehingga dapat menambah produksi CNG di PGN Group dan menjaga ketahanan pasok dengan biometana.

PGN dan KIS Biofuels Indonesia menjajaki kerja sama pengembangan biometana untuk mengakselerasi energi hijau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News