PGN Optimalkan Peran Gas Bumi di Transisi Energi dalam Akselerasi Kawasan Ekonomi Baru

PGN Optimalkan Peran Gas Bumi di Transisi Energi dalam Akselerasi Kawasan Ekonomi Baru
Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Heru Setiawan dalam Investor Daily Summit 2021. Foto: Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) mengotimalkan peran gas bumi sebagai energi perantara menuju transisi energi, guna mendukung akselerasi investasi di kawasan ekonomi baru.

Subholding Gas dari Holding Migas PT Pertamina (Persero) itu terus melakukan koordinasi dengan stakeholder di lapangan terkait pembangunan kawasan ekonomi baru di berbagai daerah.

Hal itu sesuai dengan pernyataan Presiden Jokowi dalam pembukaan Investor Daily Summit 2021, sesuai semangat cipta kerja untuk menurunkan impor, menaikkan ekspor, dan menciptakan value bagi bangsa.

Oleh karena itu, Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Heru Setiawan mengatakan pihaknya akan menjalankan program gasifikasi nasional.

Pertama yakni Program PGN untuk pemenuhan gas rumah tangga penting untuk berkontribusi menekan defisit neraca impor energi.

Kedua, PGN mendukung industri khusus, retail, dan industri umum termasuk kawasan industri yang disesuaikan dengan tata ruang masing-masing daerah.

"Saat ini fokus di Jawa Barat dan Jawa Tengah, namun terdapat anchor di daerah Indonesia Timur yang nantinya selaras dengan prioritas dan ketiga yaitu penyediaan listrik nasional," kata Heru.

Heru mengatakan potensi Kebutuhan Kawasan Industri (KI) dengan menggunakan pendekatan luasan lahan KI sebesar 390 BBTUD.

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) mengotimalkan peran gas bumi sebagai energi perantara menuju transisi energi, guna mendukung akselerasi investasi di kawasan ekonomi baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News