PGRI Minta Kemendiknas Bentuk Badan Guru

PGRI Minta Kemendiknas Bentuk Badan Guru
Ribuan guru menggelar aksi unjuk rasa di Kemendiknas, Jakarta. Foto: Nicha/JPNN
JAKARTA- Ribuan guru yang tergabung dalam Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)  kembali menggelar unjuk rasa di depan Gedung Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) di Jl Jenderal Sudirman, Jakarta. Para pahlawan tanpa tanda jasa ini masih tidak bisa menerima dihapuskannya Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Ditjen PMPTK).

Dalam aksi massa kali ini, para guru menuntut agar guru dan tenaga kependidikan dikelola secara langsung oleh sebuah badan tersendiri yang disebut dengan Badan Guru. "Kami tidak peduli apapun namanya badan guru tersebut. Tetapi yang pasti jika Ditjen PMPTK tetap dihapus maka harus ada badan yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden RI," ungkap Ketua Umum PGRI Sulistyo di sela aksi demonstrasi.

Sulistyo mengatakan, dengan adanya badan pengelola guru tersebut, diyakini akan mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan guru, sekaligus mengeluarkan guru dari aneka cengkeraman atau anomali birokrasi dari pusat hingga daerah. "Sekarang banyak guru dan tenaga kependidikan menjadi korban politik," jelasnya.

Lebih jauh Sulistyo mengatakan, PGRI juga memintya agar Perpres No.24 tahun 2010 tentang Kedudukan, Tugas dan Fungsi Kementerian Negara serta Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Eselon I Kementerian Negara direvisi.

JAKARTA- Ribuan guru yang tergabung dalam Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)  kembali menggelar unjuk rasa di depan Gedung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News