Pidato Bung Karno akan Diperdengarkan di MPR

Peringatan Hari Pancasila

Pidato Bung Karno akan Diperdengarkan di MPR
Pidato Bung Karno akan Diperdengarkan di MPR
JAKARTA - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Djoko Suyanto mengatakan peringatan Hari Pancasila yang jatuh pada 1 Juni mendatang akan diperingati dengan mendengarkan Pidato Bung Karno. Hal itu disampaikan Djoko Suyanto saat bersama Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Sudi Silalahi menemui Pimpinan MPR di Gedung Nusantara III lantai sembilan, DPR, Jakarta, Selasa (20/5). 

Menurutnya, inti dalam peringatan itu adalah mendengarkan Pidato Bung Karno  pada Badan Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). "Sebab dari Pidato Bung Karno itulah muncul gagasan landasan dan dasar negara yang dianut Indonesia  sebelum kemerdekaan diproklamasikan," kata Djoko.

Apakah dalam pertemuan itu juga dibicarakan rencana amandemen UUD 1945? Djoko mengatakan tidak ada. Kata dia,  pembicaraan itu hanya khusus untuk merayakan Pidato Bung Karno pada satu juni 1945 yang lalu termasuk penyelenggaraannya dan subtansi dari peringatan itu.

Dalam pertemuan itu kata Djoko tidak membicarakan rencana mengembalikan Garis-garis Besar Haluan Negara karena pihaknya hanya diutus hanya untuk membicarakan peringatan 1 Juni.

JAKARTA - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Djoko Suyanto mengatakan peringatan Hari Pancasila yang jatuh pada 1 Juni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News