Pidato Politik Mas Agus Tak Efektif Jaring Simpati Publik

Pidato Politik Mas Agus Tak Efektif Jaring Simpati Publik
Pengamat politik Emrus Sihombing. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat komunikasi politik Emrus Sihombing menilai orasi politik pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni‎ di Gedung JCC Senayan tidak efektif. Menurut Emrus, komuniasi yang terbaik adalah yang sifatnya dialogis.

“Lebih efektif ketika calon itu mengunjungi langsung dan berdialog dibanding pidato di mana audiensi hanya mendengar saja. Itu formal sifatnya," kata Emrus‎ di Jakarta, Sabtu (17/12).

Menurut Emrus, cara Agus menyampaikan ide-idenya lewat pidato tidak efektif dari segi komunikasi. "Komunikasi informal jauh lebih baik dibanding komunikasi formal," kata direktur eksekutif lembaga EmrusCorner itu.

Emrus mengatakan, komunikasi informal secara spontan dengan bertemu masyarakat justru bisa memunculkan ide-ide segar. Sementara pidato di dalam ruangan, katanya, kalaupun ada pertanyaan bisa saja karena rekayasa

"Nah kalau dilakukan di suatu ruangan, bisa  disiapkan orang yang bertanya, bisa jadi tidak spontanitas," paparnya.

Seperti diketahui, Agus-Sylvi sudah beberapa kali melakukan pidato politik di gedung yang mewah dan megah (town hall meeting) seperti JCC Senayan dan lainnya. Namun, pasangan ini juga sudah beberapa kali absen alias tidak mau hadir dalam acara debat antar-kandidat gubernur DKI Jakarta yang digelar oleh stasiun televisi.(boy/jpnn)


JAKARTA - Pengamat komunikasi politik Emrus Sihombing menilai orasi politik pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News