Piknik Bro..Oleh-oleh Obat Kuat, Tampak Keras tapi...

Piknik Bro..Oleh-oleh Obat Kuat, Tampak Keras tapi...
OBAT KUAT: Feri, penjual obat kuat urek sijengkeang di Nagari Pariangan, Tanahdatar, beberapa waktu lalu. Foto: Hijrah Adi Sukrial/Padang Ekspres/JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com - Nagari Tuo Pariangan, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanahdatar, Sumbar, kian banyak dikunjungi wisatawan setelah ditetapkan jadi salah satu desa terindah di dunia.

Tak sekadar “menjual” keindahan alam seperti Puncak Kawa, juga ada pusat penjualan urek sijengkeang, obat kuat resep turun temurun masyarakat Pariangan.

Hijrah Adi Sukrial—Tanahdatar

Meski matahari bersinar terang, namun udara dingin masih terasa di Nagari Tuo Pariangan. Pemandangan alam nan indah berbanding lurus dengan keramahan warganya.

Senyum dan sapa seakan menjadi bagian dari budaya di nagari yang terdapat Prasasti Pariangan tersebut.

Di Kompleks Masjid Ishlah, beberapa wisatawan terlihat keluar masuk dari tempat pemandian air panas yang disebut warga dengan rangek.

Selain air panas, juga tersedia air dingin di rangek tersebut. Konon, mandi di rangek berkhasiat menghilangkan berbagai penyakit kulit dan pegal-pegal.

“Beberapa minggu belakangan badan saya pegal-pegal. Karena hari ini pekerjaan tidak banyak, saya usahakan pergi mandi air panas ke sini,” ujar Putra, 32, salah seorang warga Padangpanjang kepada Padang Ekspres (Jawa Pos Group) saat berbincang di salah satu kedai dekat Masjid Ishlah, pekan lalu.

JPNN.com - Nagari Tuo Pariangan, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanahdatar, Sumbar, kian banyak dikunjungi wisatawan setelah ditetapkan jadi salah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News