Pilah-pilih Jenis SUV yang Cocok Buat Keluarga

Pilah-pilih Jenis SUV yang Cocok Buat Keluarga
Ilustrasi calon SUV Wuling di Indonesia. Foto: ridha/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dalam beberapa tahun terakhir peminat mobil bergenre Sport Utility Vehicle (SUV) naik cukup signifikan. Banyak alasan kenapa SUV naik daun. Tampilannya yang macho, gagah, posturnya yang tinggi, serta kemampuannya melahap berbagai kondisi jalan menjadi sebagian alasan.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, komposisi market SUV secara keseluruhan – baik low SUV dan medium SUV-- terus bertambah setiap tahunnya. Pada 2017 lalu, segmen ini tercatat memberikan kontribusi 19 persen secara nasional. Membengkak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang berada di angka 12 persen, kendati belum melampaui segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) yakni 40 persen.

Rahasia SUV terus diminati tidak lagi sekadar tampilan, banyak alasan dari para konsumen milenial mendudukkan hatinya terhadap kendaraan jenis SUV. Misalnya tawaran fleksibilitas, konektivitas dan kenyamanan, lebih dari sekadar kemampuan off-road dan tenaga.

Pabrikan kemudian berlomba-lomba menghadirkan model andalannya. Alhasil, kita ditawarkan pilihan beragam mulai dari kelas low SUV, compact SUV, medium SUV, full-size SUV, premium SUV dan lainnya.

Lantas bagaimana menentukan SUV idaman yang pas dengan keluarga Anda melihat banyaknya kelas SUV yang diniagakan? Poin-poin berikut bisa jadi pertimbangan.

1. Fungsi Serbaguna

Yang pertama tentukan tujuan Anda membeli sebuah SUV. Pertimbangannya tentu saja kebutuhan dan selera pribadi. Jika Anda hanya membutuhkan mobil untuk mengantar anak sekolah rasanya tak perlu Anda membeli SUV mahal, berukuran besar, penuh fitur off-road dan lain-lain.

Lebih baik pilih SUV yang kompak namun tetap bisa bisa mengakomodasi ruang yang cukup saat membawa keluarga. Perhatikan juga soal lokasi penyimpanan yang banyak dan kapasitas bagasi untuk membawa barang-barang keperluan Anda.

Banyaknya jenis atau kelas sport utility vehicle (SUV) yang diniagakan membuat kita juga bingung memilihnya. Berikut poin-poin yang bisa jadi pertimbangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News