Avanza Terlaris, Tapi Cuma Penjualan Confero yang Naik

Avanza Terlaris, Tapi Cuma Penjualan Confero yang Naik
Ilustrasi sejumlah pemain di kelas low MPV. Foto: ridha/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Toyota Avanza hingga November masih jadi mobil jenis low multi purpose vehicle (MPV) terlaris di tanah air, kendati ada penurunan dari bulan sebelumnya (Oktober).

Diolah dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), distribusi dari pabrik ke dealer(wholesale) Toyota Avanza pada November hanya mencatatkan sebanyak 6.993 unit (tanpa model Transmover - 560 unit). Sementara pada Oktober sebanyak 8.415 unit, ini belum termasuk model Avanza Transmover 943 unit.

Mitsubishi Xpander yang beberapa bulan sebelumnya menjadi pemimpin segen LMPV masih belum bisa menunjukkan performa terbaiknya.

Pada November, distribusi Xpander hanya membukukan torehan 5.094 unit, ini juga turun dari bulan sebelumnya 5.408 unit.

Suzuki Ertiga sukses mengambil posisi ketiga dari Daihatsu. All New Ertiga mencatatkan distribusi sebanyak 2.288 unit, sedangkan Daihatsu Xenia 2.271 unit. Walaupun keduanya juga mengalami penurunan dibanding bulan sebelumnya.

Berbeda dengan pemain asal Cina, Wuling Confero yang pada Oktober hanya membukukan wholesale sebanyak775 unit, kini di November naik jadi 1.046 unit. Sementara Honda Mobilio 837 unit turun dari Oktober 1.549 unit.

Untuk volume wholesale nasional sendiri dari januari hingga November 2018 mencapai 1.063.464 unit. Sedangkan retail (penjualan unit ke konsumen) di angka 1.043.166 unit. (mg8/jpnn)


Toyota Avanza hingga November masih jadi mobil jenis low multi purpose vehicle (MPV) terlaris di tanah air, kendati ada penurunan dari bulan sebelumnya.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News