Pilgub Sulteng 2024, Skala Data Indonesia: Elektabilitas Rusdy Mastura Tertinggi

Pilgub Sulteng 2024, Skala Data Indonesia: Elektabilitas Rusdy Mastura Tertinggi
Pilkada Serentak 2024. Ilustrasi. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Survei Skala Data Indonesia merislis hasil survei terkait dinamika Pemilihan Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah (Pilgub Sulteng) pada Sabtu (25/5/2024).

Survei digelar pada 1- 10 Mei 2024 dengan metode wawancara tatap muka langsung terhadap 800 responden dengan margin of error kurang lebih 3,46 persen.

Survei ini memotret banyak hal, mulai dari tingkat kepuasan publik, masalah yang menjadi perhatian masyarakat termasuk persaingan elektoral menjelang Pilgub pada November 2024,” ujar Direktur Eksekutif Skala Data Indonesia Arif Nurul Imam melalui keterangan tertulisnya.

Dia menyebut tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Rusdy Mastura masih bagus, yakni 52,2 persen.

Sementara isu yang menjadi perhatian masyarakat adalah kemiskinan, pengangguran, KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme), harga kebutuhan pokok dan infrastruktur.

“Survei ini juga menyoroti soal pengaruh politik uang. Sebanyak 22 persen akan terpengaruh politik uang dan sebesar 44 persen menyatakan tidak terpengaruh,” kata Arif Nurl Imam.

Menurut Arif, Pilgub Sulteng masih dinamis meski terdapat nama sosok tokoh-tokoh kuat yang masuk dalam  bursa Pilgub. Nama Rusdy Mastura, Ahmad M Ali, dan Anwar Hafid merupakan tokoh yang memiliki elektabiltas lumayan bagus.

“Rusdy Mastura unggul dengan 15,1 persen disusul Ahmad Ali sebesar 11 persen, Anwar Hafid 9,4 persen dan tokoh lainnya di bawah 5 persen,” uja Arif.

Lembaga Survei Skala Data Indonesia menyebutkan hasil surveinya elektabilitas Rusdy Mastura berada pada posisi tertinggi menjelang Pilgub Sulteng 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News