Pilkada Gorontalo Serentak 7 Juni 2010

Pilkada Gorontalo Serentak 7 Juni 2010
Pilkada Gorontalo Serentak 7 Juni 2010
GORONTALO – Tiga kabupaten di Provinsi Gorontalo akhirnya sepakat untuk menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara serentak pada 7 Juni 2010 mendatang. Ketiga kabupaten tersebut yakni Kabupaten Gorontalo, Pohuwato dan Bone Bolango.Kesepakatan untuk mengelar pilkada serentak di tiga kabupaten tersebut diputuskan dalam rapat koordinasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo bersama KPU Kabupaten Gorontalo, KPU Pohuwato dan KPU Bone Bolango, Rabu (18/11).

Rapat koordinasi penentuan pilkada serentak itu berjalan cukup alot. Tarik ulur tiga KPU selaku penyelenggara tentang penentuan tanggal Pilkada sempat menghangatkan suasana rapat. Dan akhirnya setelah dilakukan konsolidasi oleh Ketua KPU Provinsi Gorontalo Salahudin Pakaya,SAg, masing-masing KPU sepakat untuk pelaksanaan Pilkada pada 7 Juni 2010.

Ketua KPU Provinsi Gorontalo Salahudin Pakaya,SAg ketika dihubungi Gorontalo Post mengemukakan, kesepakatan untuk menggelar pilkada pada tanggal 7 Juni 2010 di tiga kabupaten itu selanjutnya akan dikoordinasikan dengan pemerintah daerah. Dalam hal ini Pemkab Gorontalo, Pohuwato dan Bone Bolango. “Koordinasi dimaksudkan untuk membahas kesiapan dari masing-masing pemerintah daerah, dalam hal ini untuk memfasilitasi pelaksanaan pilkada,” ujar Salahudin.

Salahuddin menjelaskan, keputusan untuk melaksanakan pilkada tiga kabupaten secara serentak pada 7 Juni 2010 tersebut tidak mengubah masa pelantikan masing-masing kepala daerah. Pelaksanaan pilkada serentak pada 7 Juni 2010 hanya sebatas pada pemungutan suara. Sedangkan pelantikan masing-masing kepala daerah terpilih nantinya disesuaikan dengan masa jabatan kepala daerah definitif. “Pilkada serentak 7 Juni itu adalah pemungutan suara. Dalam arti lain, pemungutan suara untuk Pilkada di tiga kabupaten yakni Kabupaten Gorontalo, Pohuwato dan Bone Bolango dilaksanakan pada 7 Juni 2010. Selanjutnya untuk pelantikan disesuaikan dengan berakhirnya masa jabatan kepala daerah definitif saat ini,” tutur Salahudin.

GORONTALO – Tiga kabupaten di Provinsi Gorontalo akhirnya sepakat untuk menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara serentak pada 7

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News