Pilkada Serentak Hemat APBD 65 Persen

Pilkada Serentak Hemat APBD 65 Persen
Pilkada Serentak Hemat APBD 65 Persen
JAKARTA - Pilkada yang digelar serentak dalam satu provinsi terbukti efisien. Di Sumbar, misalnya, pilkada serentak yang terdiri atas pilgub (pemilihan gubernur), 11 pilbup (pemilihan bupati), dan 2 pilwali (pemilihan wali kota), yang akan berlangsung pada 30 Juni 2010, menghemat APBD 65 persen.

"Untuk pilkada serentak, kami hanya butuh Rp 62 miliar dari total anggaran," kata Ketua KPU Sumbar Marzul Veri kepada wartawan di Kantor KPU Jakarta kemarin. Padahal, total anggaran yang disiapkan untuk itu Rp 130 miliar. Saat membeberkan masalah tersebut, Veri didampingi Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary dan anggota KPU Korwil Sumatera I Gusti Putu Artha.

Veri menambahkan, 14 pilkada itu melibatkan 68 pasangan calon yang tersebar."Jika ada putaran kedua, kami sudah mempersiapkan 22 September sebagai tanggal pemungutan suara," ujarnya.

Menurut dia, yang bisa membuat pilkada di Sumbar berjalan serentak adalah jabatan masing-masing kepala daerah berakhir bersamaan. Yakni, antara Agustus hingga September.

JAKARTA - Pilkada yang digelar serentak dalam satu provinsi terbukti efisien. Di Sumbar, misalnya, pilkada serentak yang terdiri atas pilgub (pemilihan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News