Pilpres 2024, Qodari: Cawapres Berpengaruh Jadi Penentu Kemenangan

Pilpres 2024, Qodari: Cawapres Berpengaruh Jadi Penentu Kemenangan
Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia baru saja merilis hasil survei peta elektoral terkini calon presiden dan wakil presiden 2024 mendatang.

Hasil survei menunjukkan dari sejumlah nama besar yang disurvei belum ada kandidat calon presiden yang memiliki elektabilitas dominan untuk memenangkan pertarungan.

Menanggapi hasil temuan survei tersebut, Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari menyampaikan survei dari Indikator ini dianggap penting dan menarik karena ada faktor penentu kemenangan dari calon presiden yaitu sosok dari calon wakil presiden.

“Jika mencermati hasil survei, hasilnya sangat menarik yaitu ada “the power of cawapres” karena ternyata cawapres penentu kemenangan, ada cawapres yang bisa menaikkan suara capres nya, pasangannya, ada juga yang bisa menurunkan contoh yang bisa menaikkan itu adalah Erick Thohir dan Sandiaga Uno,” ujar M Qodari dikutip dari dialog Kabar Petang di kanal Youtube TvOne News, Selasa (7/12/2021).

Menurut Qodari, pertarungan di Pilpres 2024 akan makin ketat dan kompetitif mengingat selisih di antara kandidat sangat ketat dan tipis.

“Maka, ke depan yang akan menentukan kemenangan adalah pengaruh dari calon wakil presidennya,” kata Qodari.

Hal menarik lainnya dari hasil survei tersebut, lanjut Qodari bahwa posisi cawapres juga ternyata ada kelasnya.

Qodari kemudian membagi tiga kelas cawapres berdasarkan perolehan elektabilitasnya, yakni; Papan atas dengan peroleh 10% ke atas, papan tengah sekitar 5-10% dan papan bawah kurang dari 5%.

M Qodari menyampaikan survei dari Indikator ini dianggap penting dan menarik karena ada faktor penentu kemenangan dari calon presiden yaitu sosok dari calon wakil presiden.