Pimpinan Ponpes Motivasi Indonesia Pengin Program SMKN Jateng Diterapkan Bagi Santri

Pimpinan Ponpes Motivasi Indonesia Pengin Program SMKN Jateng Diterapkan Bagi Santri
Bacapres 2024 Ganjar Pranowo ketika bersilaturahmi dengan pimpinan pondok pesantren di Bekasi. Dok: Tim media Ganjar.

jpnn.com, BEKASI - Program Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Jawa Tengah yang digagas oleh Ganjar Pranowo sejak 2014 silam mendapatkan pujian dari para ulama dan pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) se-Bekasi Raya.

SMKN Jateng merupakan sekolah kejuruan gratis yang diperuntukkan bagi siswa dari keluarga tak mampu. SMKN Jawa Tengah sebelumnya merupakan Balai Latihan Kerja (BLK) yang kemudian diubah menjadi sekolah kejuruan.

Pimpinan Ponpes Motivasi Indonesia, KH Ahmad Nurul Huda Haem mengatakan, saat bertemu dengan Bacapres Ganjar Pranowo dirinya sangat menyoroti program SMKN di Jateng, karena berhasil mencetak siswa langsung siap bekerja.

“SMK Jawa Tengah ini luar biasa, hasilnya-hasilnya dahsyat sekali. Salah satu yang diperkenalkan Pak Ganjar di Jateng itu link and match. Sehingga mereka boarding, mirip pondok dan di asramakan. Itu begitu selesai mereka bisa langsung bekerja,” kata Nurul Huda saat silahturahmi dengan Ganjar Pranowo di Pondok Pesantren Motivasi Indonesia, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (6/10).

Program SMKN Jateng itu memiliki sarana dan prasarana yang sudah lengkap seperti keberadaan ruang kelas, ruang praktek dan peralatan. Lola Link and Match juga digunakan dalam bentuk kerjasama dengan banyak perusahaan, sehingga memungkinkan lulusan langsung terserap ke dunia kerja dan adanya fasilitas beasiswa untuk belajar ke luar negeri.

Nurul Huda sangat berharap program SMKN di Jateng bisa diaplikasikan ke di kalangan pondok pesantren. Ketika sudah lulus dari ponpes, para santri bisa langsung mendapatkan pekerjaan.

“Mudah-mudahan pendidikan pesantren yang basisnya adalah pengajian kitab, kemudian tapi juga memberikan ruang agar anak-anak bisa setelah lulus juga mempunyai kesempatan yang sama untuk bekerja di tempat lain,” kata Huda.

Oleh karena itu, dia menaruh harapan kepada Ganjar Pranowo jika terpilih menjadi Presiden Indonesia nanti, Program SMKN Jateng bisa diterapkan di tingkat nasional.

Program SMKN Jateng yang digagas Ganjar Pranowo diharapkan bisa diterapkan kepada santri seluruh Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News