PIS Lakukan Transplantasi Terumbu Karang di Pesisir Pantai Sulaa

PIS Lakukan Transplantasi Terumbu Karang di Pesisir Pantai Sulaa
PT Pertamina International Shipping (PIS) melalui anak usahanya PT Pertamina Energy Terminal (PET) di Fuel Terminal Baubau, Sulawesi Tenggara mendukung program transplantasi terumbu karang, demi menjaga ekosistem dan kelestarian di kawasan operasi Fuel Terminal Baubal. Foto dok PIS

jpnn.com, BAUBAU - PT Pertamina International Shipping (PIS) melalui anak usahanya PT Pertamina Energy Terminal (PET) di Fuel Terminal Baubau, Sulawesi Tenggara mendukung program transplantasi terumbu karang, demi menjaga ekosistem dan kelestarian di kawasan operasi Fuel Terminal Baubal.

Kegiatan transplantasi terumbu karang yang berlangsung pada Agustus lalu, merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PIS berjudul ‘BerSEAnergi untuk Laut Lestari’ yakni program keberlanjutan ekosistem laut dan kesejahteraan masyarakat pesisir.

Corporate Secretary PIS Muh. Aryomekka Firdaus mengatakan program yang dilakukan bekerja sama dengan Econatural Society tersebut telah dilakukan sejak 2020.

"Dengan melakukan transplantasi terumbu karang, kami harap dapat menjaga habitat dan ekosistem laut di sekitar pesisir Pantai Sulaa yang berdekatan dengan Fuel Terminal Baubau," ujar Aryomekka.

Total jumlah fragment karang yang ditanam dari 2020 hingga 2022 sebanyak 1.474 fragment dengan total media transplantasi seluas 115,2 meter persegi dan untuk 2023 ini dilakukan penambahan sebanyak 1.050 fragment dengan media transplantasi seluas 80 meter persegi.

Aryomekka menambahkan pelaksanaan Program TJSL ini sejalan dengan penerapan Environment, Social & Governance (ESG) dan Sustainabilty Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, khususnya poin 13 penananganan perubahan iklim dan poin 14 ekosistem lautan.

Selain itu kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan Subholding IML dalam program dekabornisasi.

"Harapan kami, melalui kegiatan transplantasi terumbu karang ini bisa meningkatkan manfaat terumbu karang sendiri, antara lain sebagai pelindung pasir dan pantai, ekosistem yang menunjang kehidupan biota laut," katanya.(chi/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Kegiatan transplantasi terumbu karang yang berlangsung pada Agustus lalu, merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PIS.


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News