PKB Diminta Usung Mahfud

PKB Diminta Usung Mahfud
PKB Diminta Usung Mahfud

jpnn.com - JAKARTA - Peluang mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud M.D. mendapat tiket dari Partai Kebangkitan Bangsa semakin besar. Itu menyusul adanya permintaan dari sejumlah ulama berpengaruh agar partai yang didirikan Nahdlatul Ulama tersebut mengusung Mahfud sebagai calon presiden.  

 

"Sudah ada lima kiai sepuh dari pesantren berpengaruh yang mengusulkan nama Mahfud M.D. ke PKB," ujar Wakil Bendahara Umum DPP PKB Bambang Susanto kemarin (12/8).    

Sayangnya, Bambang menolak menyebut nama-nama kiai berpengaruh tersebut. Dia mengatakan, para kiai itu menyampaikan langsung aspirasinya kepada petinggi partai. Respons dari para petinggi PKB, kata Bambang, juga positif.

Sebab, guru besar hukum tata negara Universitas Islam Indonesia (UII) tersebut merupakan warga NU dan pernah menjadi kader PKB. "Pak Mahfud kader internal. Dia bukan orang lain dan sudah dianggap warga sendiri," ungkapnya.   

Meski demikian, lanjut Bambang, mekanisme resmi pengusungan calon presiden memang harus melalui forum Musyawarah Pimpinan Nasional. Adapun forum tersebut baru akan dilaksanakan setelah pemilihan legislatif. Selain berpatokan pada hasil muspimnas, penetapan capres/cawapres akan dikonsultasikan dahulu dengan pengurus Nadhlatul Ulama dan para kiai sepuh.   

Karena out, PKB tetap membuka kesempatan kepada semua tokoh yang hendak mencalonkan diri sebagai calon presiden untuk melakukan komunikasi politik, baik secara internal maupun eksternal dengan pengurus PKB. (dyn/c6/tom)


JAKARTA - Peluang mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud M.D. mendapat tiket dari Partai Kebangkitan Bangsa semakin besar. Itu menyusul adanya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News