PKB-Hanura Paling Antusias Carikan Lawan untuk Bu Risma

PKB-Hanura Paling Antusias Carikan Lawan untuk Bu Risma
Tri Rismaharini. Foto: dok.Jawa Pos

jpnn.com - SURABAYA –  Pendaftaran bakal calon wali kota-wakil walikota Surabaya dibuka lagi mulai Minggu (9/8) hingga Selasa (11/8). Ketentuan itu sesuai dengan surat edaran dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) 449/KPU/VIII/2015.

Perpanjangan waktu tersebut disikapi beragam oleh tiap pengurus partai yang bertarung dalam pilwali Surabaya. Yang paling antusias adalah Partai Kebangkitan Bangsa. Mereka berjanji berusaha lebih keras untuk mencari orang yang akan diajak maju dalam Pilwali Surabaya 2015.

Ketua DPC PKB Surabaya Syamsul Arifin menuturkan, sebenarnya partainya ingin sekali mengajukan pasangan calon dalam pilwali. Tapi, PKB hanya punya lima kursi di DPRD Surabaya.

Mereka tidak bisa maju sendiri karena syarat minimal untuk mengusung pasangan calon harus memiliki sekurang-kurangnya sepuluh kursi. ”Sampai sekarang PKB belum mengibarkan bendera putih. Insya Allah saya maju lagi,” ujar Syamsul kemarin (6/8).

Alumnus Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat, itu juga pernah mendapatkan rekomendasi dari partainya untuk maju sebagai bakal calon wali kota. Hanya, dia tidak mendapatkan pendamping untuk maju dalam pilwali sampai pendaftaran berlangsung dua tahap.

Sikap Syamsul tersebut akan dibicarakan dalam Koalisi Majapahit. Dia yakin bila Koalisi Majapahit yang terdiri atas tujuh partai itu bisa bergabung, pelung untuk mengalahkan incumbent atau petahana terbuka lebar. ”Tapi, semua yang terjadi di koalisi ini ditentukan DPP (dewan pimpinan pusat, Red) masing-masing partai,” imbuhnya.

Niat serius PKB untuk maju dalam pilwali sebenarnya sudah pernah dibicarakan dengan partai lain di luar koalisi. Ada kabar PKB akan berkoalisi dengn Partai Hanura. Bahkan, ada kabar pula yang menyebutkan Partai Nasdem akan bersama-sama dalam satu barisan. Di level pusat, tiga parpol itu bersatu dalam Koalisi Indonesia Hebat bersama dengan PDIP.

Ketua DPC Partai Hanura Surabaya Onny S.D. Philippus menuturkan bahwa partainya sangat mendukung pilwali diadakan tahun ini. Bahkan, mereka sebenarnya sudah merekomendasikan salah seorang kader bernama Warsito untuk bisa maju dalam pilwali Surabaya.

SURABAYA –  Pendaftaran bakal calon wali kota-wakil walikota Surabaya dibuka lagi mulai Minggu (9/8) hingga Selasa (11/8). Ketentuan itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News