PKB Merasa Kehilangan Ahli Fiqih Mumpuni

PKB Merasa Kehilangan Ahli Fiqih Mumpuni
PKB Merasa Kehilangan Ahli Fiqih Mumpuni

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Marwan Jafar mengaku sangat kehilangan dengan wafatnya Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Kiai Sahal Mahfudh. Menurut mengatakan, Kiai Sahal merupakan sosok yang mumpuni sebagai ahli fiqih.

"Ya kita semua sangat kehilangan beliau, seorang ahli fiqih yang mumpuni. Bangsa ini tentu sangat kehilangan beliau," ujarnya kepada JPNN, Jumat (24/1).

Marwan menjelaskan, para kader PKB akan melakukan salat ghaib untuk mendoakan Kiai Sahal. "Ya, tentu," katanya.

Sementara Sekretaris Jenderal PKB, Imam Nahrawi mengatakan, Kiai Sahal telah meninggalkan warisan yang besar bagi warga nahdliyin. Warisan itu berupa hidup sederhana, pikiran yang sangat kontekstual, serta selalu menjaga khittah NU secara proporsional. "Kami sangat kehilangan sosok panutan yang menghargai dan menghormati semua orang," kata Imam.

Seperti diberitakan, Kiai yang akrab dipanggil Mbah Sahal ini wafat Jumat (24/1) dini hari di kompleks pesantren Mathali'ul Falah, Kajen, Pati, Jawa Tengah. Hingga akhir hayatnya, Kiai Sahal masih menjabat sebagai pemimpin tertinggi di PBNU sejak yang pertama kali dijabatnya pada tahun 1999 silam.

Kiai dengan konsentrasi penguasaan ilmu fiqih itu juga dipercaya sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) sejak tahun 2000 – sekarang. Dalam beberapa pekan terakhir, pengasuh Pondok Pesantren Maslakul Huda, Kajen Margoyoso, Pati, Jateng itu memang mengalami penurunan kondisi kesehatan yang mengharuskannya menjalani perawatan intensif di RS Kariadi, Semarang.(gil/jpnn)


JAKARTA - Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Marwan Jafar mengaku sangat kehilangan dengan wafatnya Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News