PKB Minta Petugas Lalin & Transportasi Lebih Siaga Menghadapi Nataru

PKB Minta Petugas Lalin & Transportasi Lebih Siaga Menghadapi Nataru
Juru Bicara PKB Dira Martamin. Foto: Tim DPP PKB

jpnn.com - JAKARTA - Juru Bicara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dira Martamin mengimbau seluruh petugas lalu lintas dan moda transportasi lebih awas menghadapi arus mudik Tahun Baru 2023.

Jubir PKB dari kalangan milenial itu menyampaikan hal tersebut merespons insiden terjatuhnya mobil di Pelabuhan Merak, Banten pada Jumat (23/12).

"Mengingat padatnya lalu lintas masyarakat pada Natal dan menjelang Tahun Baru, kami meminta petugas juga lebih bersiaga, belajar dari peristiwa di Merak dan Brexit (Brebes Exit), jangan sampailah itu terjadi lagi," kata Dira di Jakarta pada Selasa (27/12).

Dira menukil data Kementerian Perhubungan yang memprediksi puncak arus mudik Nataru akan terjadi pada 23-24 Desember 2022, sedangkan puncak arus balik diperkirakan pada 1-2 Januari 2023.

Dari data itu juga diketahui prediksi 44,17 juta orang atau 16,35 persen jumlah penduduk Indonesia akan bepergian selama Natal dan menjelang Tahun Baru 2023.

Jumlah itu lebih tinggi daripada tahun sebelumnya sebanyak 19,9 juta orang.

Dira pun menekankan pentingnya penjagaan petugas di berbagai titik, serta rekayasa lalu lintas baik di tol maupun tempat-tempat wisata yang kerap menjadi tujuan masyarakat.

"Euforia masyarakat harus diantisipasi dengan baik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," tutur Dira.

Jubir PKB Dira Martamin merespons insiden terjatuhnya mobil di Pelabuhan Merak, Banten beberapa hari yang lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News