PKI, Partai Politik Pertama yang Menggunakan Nama Indonesia

PKI, Partai Politik Pertama yang Menggunakan Nama Indonesia
Poster propaganda ini dipotret pada 9 Januari 1947. Foto: Dok. Nationaal Archief Belanda.

jpnn.com - SEIRING meluasnya basis Partai Komunis Indonesia, nama Indonesia pun ikut meluas. Dari istilah etnologi, Indonesia menjadi identitas sebuah bangsa.

-------
Wenri Wanhar – Jawa Pos National Network
-------
Gara-gara buku Indonesien oder die Inseln des Malayischen Archipel yang ditulisnya, banyak orang mengira Adolf Bastian (1826-1905) guru besar etnologi Universitas Berlin, Jerman-lah yang pertama kali menciptakan nama Indonesia. 

Padahal tidak. Bastian mencuplik kata Indonesia dari majalah ilmiah The Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia, volume IV, 1850, yang terbit di Singapura. (baca: Kata “Indonesia” Pertama Muncul Di Tempat Ini)

Pun demikian, tak bisa dipungkiri bahwa Bastian punya peran besar menyebarkan kata Indonesia. Berulang kali dia menyebut kata Indonesia dalam bukunya yang terbit pada 1884 tersebut. 

Alhasil, kalangan akademisi di Eropa mulai akrab dengan kata Indonesia. Sebagaimana mula terciptanya, kata Indonesia dipergunakan hanya dalam khasanah etnologi untuk menyebut Kepulauan Hindia atau Kepulauan Melayu. 

Pengaruh Bastian pulalah yang membuat Suwardi Suryaningrat alias Ki Hajar Dewantara memberi nama Indonesische Pers-bureau untuk biro pers yang didirikannya saat diasingkan di Belanda pada 1913.

Dan sampai sejauh itu, kata Indonesia belum beresonansi kebangsaaan, belum menjadi identitas sebuah bangsa. Pun demikian, sebagai orang pergerakan, Ki Hajar Dewantara boleh dibilang jembatan beralihnya kata Indonesia dari sekadar nama wilayah menjadi identitas perjuangan.     

Memasuki tahun 1920-an, kata Indonesia mulai menjadi simbol perjuangan. Dua organ yang paling berpengaruh dalam hal ini adalah Perhimpunan Indonesia (PI) dan Partai Komunis Indonesia (PKI).

SEIRING meluasnya basis Partai Komunis Indonesia, nama Indonesia pun ikut meluas. Dari istilah etnologi, Indonesia menjadi identitas sebuah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News