PkM Universitas Terbuka di Desa Muara Teluk Naga Dimulai, 4 Fakultas Dilibatkan

PkM Universitas Terbuka di Desa Muara Teluk Naga Dimulai, 4 Fakultas Dilibatkan
Ki-Ka: Kepala PKM Dr. Trini Prastati, M.Pd., Ketua LPPM Prof. Dra. Dewi Artati Padmo Putri, M.A., Ph.D., Kades Muara H. Muhamad Syaripudin, Camat Teluk Naga Zam Zam Manohara. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Terbuka (UT) me-launching kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Desa Muara, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Prof. Dra. Dewi Artati Padmo Putri, M.A., Ph.D., mengatakan masyarakat yang tinggal di Desa Muara Teluk Naga memiliki potensi kearifan lokal yang dapat dijadikan sumber ekonom.

Oleh karena itu, sumber daya tersebut harus diolah dengan baik melalui kerja sama antara pemerintah desa dan perguruan tinggi agar hasilnya dapat berdampak di masyarakat.

"Peran serta UT  sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) adalah menyelenggarakan kegiatan PkM yang merupakan salah satu kewajiban Tridharma Perguruan Tinggi," kata Dewi saat me-launching PkM di Desa Muara, Teluk Naga, Senin (22/5).

Acara launcing PkM Desa Binaan ini pun dihadiri oleh kepala Desa Muara, camat Teluknaga, Direksi PIK2, ketua LPPM, dan perwakilan pimpinan fakultas dari Universitas Terbuka.

Program desa binaan di Desa Muara ini bertemakan “Pemberdayaan Desa, Meningkatkan Kualitas dan Kesejahteraan Masyarakat – TWG: Together We Grow.”

Dewi menjelaskan setelah launching  akan ada rangkaian kegiatan PkM Desa Binaan UT. Hasil kegiatan ini adalah pembuatan prototype model kampung tematik dengan konsep memanfaatkan lahan kawasan mangrove.

Kegiatan ini melibatkan lima tim yang berasal dari 4 fakultas di UT dan dikoordinir dengan baik oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM-UT). PkM ini melibatkan dosen, pegawai, mahasiswa, dan tentunya masyarakat yang tinggal di Desa Muara.

Program Pengabdian kepada Masyarakat atau PkM Universitas Terbuka di Desa Muara Teluk Naga resmi dimulai dan melibatkan 4 fakultas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News