PKS Anggap PD Sudah Hengkang dari KMP

Terkait Pembahasan RUU Pilkada

PKS Anggap PD Sudah Hengkang dari KMP
PKS Anggap PD Sudah Hengkang dari KMP

jpnn.com - JAKARTA - Partai-partai anggota Koalisi Merah Putih (KMP) petang tadi menggelar rapat untuk konsolidasi  menjelang pengambilan keputusan akhir atas RUU Pilkada di DPR RI Kamis (25/9). Di antara partai-partai yang selama ini bergabung dalam KMP, hanya Partai Demokrat (PD) saja yang tak hadir.

Sebelumnya, PD bersama KMP mendukung opsi pemilihan kepala daerah melalui DPRD. Namun, belakangan partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu memang balik badan dan memilih mendukung mekanisme pilkada langsung oleh rakyat.

Menurut Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) DPR RI, Hidayat Nur Wahid, PD memang sudah tidak bersama KMP lagi. "Anda tahu posisi Partai Demokrat ada di mana. Kan Demokrat tidak bersama dengan kita," kata Hidayat usai pertemuan KMP, Selasa (23/9).

Dijelaskannya, pertemuan itu selain untuk merapatkan barisan KMP juga demi memantau gerakan politik di DPR RI terkait pembahasan RUU Pilkada di Komisi II DPR. Sebab, berbagai kemungkinan bisa terjadi pasca-perubahan sikap PD yang awalnya mendukung pilkada oleh DPRD namun kini berbalik memilih opsi pilkada langsung.

KMP pun tengah mengkaji opsi-opsi dalam RUU Pilkada termasuk dalam rangka mengakomodasi syarat yang ditawarkan PD. “Itu kami kaji, kemungkinan-kemungkinannya," tandas Hidayat.(fat/jpnn)

JAKARTA - Partai-partai anggota Koalisi Merah Putih (KMP) petang tadi menggelar rapat untuk konsolidasi  menjelang pengambilan keputusan akhir


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News