PKS Ikhlas Cawapres Anies dari Luar Koalisi, Demokrat Beda Lagi

PKS Ikhlas Cawapres Anies dari Luar Koalisi, Demokrat Beda Lagi
Anies Baswedan saat bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor Demokrat, Jakarta, Kamis (2-2-2023). ANTARA/HO-Humas Demokrat

jpnn.com, JAKARTA - Deputi Analisa Data dan Informasi DPP Partai Demokrat Syahrial Nasution menyebutkan bahwa partainya menghormati aspirasi PKS soal sosok cawapres untuk Anies Baswedan.

Hal itu sebagai respons atas pernyataan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang tidak masalah jika bakal calon wakil presiden (cawapres) yang mendampingi Anies Baswedan bukan kader salah satu partai koalisi.

Syahrial menyatakan bahwa partainya tetap mendorong Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi cawapres Anies agar bisa memenangkan kontestasi Pilpres 2024.

"Ya,boleh-boleh saja. Ada aspirasi Anies-Luhut Panjaitan, Anies-Gibran, Anies-Erick Tohir, dan lain-lain. Boleh-boleh saja. Kalau ditanyakan kepada kader Demokrat, tentu saja untuk bisa menang sebaiknya Anies-AHY," kata Syahrial saat dikonfirmasi, Senin (27/2).

Menurutnya, semua pihak bisa saja menjodohkan siapa pun dengan Anies Baswedan, tetapi dia mengingatkan apakah nantinya pasangan itu didukung oleh parpol hingga memenuhi ambang batas presiden atau presidential threshold.

"Yang harus jadi perhatian utama dari soal pasang memasangkan dan kawin mengawinkan adalah sampai ke pelaminan dan ijab kabul atau tidak? Supaya sah, maharnya harus dipenuhi dulu yakni, dukungan 20 persen suara parpol untuk bisa mengusung capres dan cawapres," lanjutnya.

Tak hanya itu, Syahrial juga menyatakan saat ini masyarakat harus sudah disuguhkan bahwa dukungan Demokrat, NasDem dan PKS untuk mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden terealisasi.

Dia menjelaskan untuk mewujudkan itu ketiga parpol harus segera melakukan rencana konkrit yang jelas dengan pembentukan sekretariat bersama (Sekber) untuk Koalisi Perubahan.

Deputi Analisa Data dan Informasi DPP Partai Demokrat Syahrial Nasution menyatakan sebaiknya pilih duet Anies-AHY untuk bisa menang Pilpres 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News