JPNN.com

PKS Ingatkan Jokowi soal Bahaya Politik Dinasti

Kamis, 22 Oktober 2020 – 20:09 WIB
PKS Ingatkan Jokowi soal Bahaya Politik Dinasti - JPNN.com
Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI Mulyanto. Foto: Humas DPR

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI Mulyanto mengaku prihatin dengan ketidakpedulian pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap berkembanganya praktik politik dinasti.

Mulyanto menilai sikap itu sangat berbahaya bagi masa depan demokrasi, karena secara tidak langusung akan menghambat proses kaderisasi partai politik dan regenerasi kepemimpinan nasional secara terbuka.

Seharusnya, kata Mulyanto, pemerintah memberi contoh yang baik kepada masyarakat dalam melaksanakan nilai-nilai demokrasi.

"Bukan malah memanfaatkan celah hukum untuk menyuburkan praktik dinasti politik," ungkap Mulyanto dalam keterangan tertulis yang diterima jpnn.com, Kamis (22/10).

Mulyanto berpandangan perihal politik yang moderen semestinya berbasis sistem merit, sehingga dapat memaksimalkan unsur-unsur kebaikan dalam masyarakat termasuk menjaga keberlangsungan sistem kaderisasi partai dan kaderisasi kepemimpinan nasional.

Lebih lanjut, kata dia, politik dinasti sangat buruk karena membatasi kepemimpinan dalam partai atau dalam kepemimpinan nasional berbasis pada hubungan “biologis” bukan “ideologis”.

Lebih jauh, rakyat Indonesia tidak bisa mendapatkan figur kepemimpinan yang teruji melalui jalur kaderisasi.

Menurut Mulyanto, jika politik dinasti ini dibiarkan selamanya, bangsa ini akan dipimpin oleh figur-figur karbitan yang muncul bukan karena kemampuan, tetapi karena kedekatan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
rama