PKS Sambangi Wilayah Terdampak Wabah PMK, Serap Aspirasi Peternak

PKS Sambangi Wilayah Terdampak Wabah PMK, Serap Aspirasi Peternak
Ketua Majelis Syura PKS Habib Salim Segaf Aljufri bersama Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini. Foto: Fraksi PKS

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Majelis Syura PKS Dr. Salim Segaf Aljufri dan jajaran menyambangi wilayah penyakit mulut dan kuku (PMK) untuk menyerap aspirasi peternak.

Pada kesempatan Salim lebih banyak mendengar aspirasi dan keluh kesah para peternak.

"Mereka umumnya mengeluhkan menurunnya produksi yang berimbas pada turunnya penghasilan (income) secara drastis. Sementara obat-obatan dan penanganan kesehatan hewan masih sangat terbatas," beber Salim Segaf dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu (25/6).

Dr. Salim menyampaikan keprihatinannya atas wabah PMK yang menggerus ekonomi peternak di Jawa Tengah.

Menurutnya, berdasarkan pengakuan sejumlah peternak sejak wabah merebak, penghasilan mereka turun drastis dari Rp 2 juta per bulan hingga nyaris tanpa penghasilan.

Produksi susu sapi berkurang drastis menjadi 50 persen bahkan tidak keluar sama sekali.

Salim Segaf mengatakan juga sapi yang disiapkan peternak untuk dijual saat Idhuladha juga nyaris tidak ada karena sakit dan kurus. Peternak justru punya utang ke pabrik tahu untuk makanan ternak.

"Dari aspirasi yang disampaikan, mereka membutuhkan bantuan sapi, modal, obat-obatan, vitamin, pakan, kandang, sembako," ungkap Salim Segaf.

Ketua Majelis Syura PKS Dr. Salim Segaf Aljufri dan jajaran menyambangi wilayah penyakit mulut dan kuku (PMK) untuk menyerap aspirasi peternak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News