Plh Dirjen Bina Adwil Buka Rakornas Satpol PP & Satlinmas se-Indonesia di Padang

Plh Dirjen Bina Adwil Buka Rakornas Satpol PP & Satlinmas se-Indonesia di Padang
Kementerian Dalam Negeri menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional Satpol PP (Rakornas Satpol PP) di Kota Padang Sumatera Barat pada Sabtu (2/3). Foto: source for jpnn

jpnn.com, PADANG - Kementerian Dalam Negeri menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional Satpol PP (Rakornas Satpol PP) di Kota Padang Sumatera Barat pada Sabtu (2/3).

Rakornas ini dibuka oleh Plh. Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Amran di Hotel Truntum Padang bersamaan dengan diperingatinya Hari Ulang Tahun ke 74 Satpol PP dan ke-62 Satlinmas.

Tema yang diusung pada tahun ini yakni Peran Satpol PP dan Satlinmas dalam Menciptakan Trantibumlinmas Mendukung Pemilu dan Pilkada 2024.

"Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Satpol PP dan Satlinmas yang telah berperan aktif dalam menciptakan ketertiban dan ketentraman umum selama pemilu berlangsung, sehingga baik pemilihan presiden maupun pemilihan legislatif dapat berjalan secara kondusif," kata Amran.

Di hadapan Kasatpol PP seluruh Indonesia, Amran menyampaikan bahwa pamong praja berperan penting dalam mengawal trantibumlinmas selama pelaksanaan pemilu dan pilkada, yakni dengan melakukan deteksi dini dan cegah dini terhadap segala potensi gangguan trantibumlinmas.

Mengacu pada Indeks Kerawanan Pemilu (IKP), didapatkan pemetaan TPS rawan yang dirilis oleh Bawaslu pada tanggal 11 Februari 2024, yakni terdapat sebanyak 6.904 TPS yang berpotensi terjadi gangguan trantibumlinmas.

Selain Satpol PP, terdapat peran penting Satlinmas dalam mendukung pelaksanaan pemilu, dimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum bahwa petugas kemananan, ketentraman dan ketertiban di setiap TPS berasal dari Satlinmas sebanyak 2 personil.

Dari Data Komisi Pemilihan Umum (KPU), pada Pemilu Tahun 2024, terdapat 820.161 TPS, dengan demikian jumlah keterlibatan Satlinmas di TPS sebanyak 1.640.332 personil.

Tema yang diusung pada tahun ini yakni Peran Satpol PP dan Satlinmas dalam Menciptakan Trantibumlinmas Mendukung Pemilu dan Pilkada 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News