PLN Atasi Padam Lebih Cepat Dengan Scada

PLN Atasi Padam Lebih Cepat Dengan Scada
PLN Atasi Padam Lebih Cepat Dengan Scada
SURABAYA--PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (persero) menerapkan sistem baru untuk mencegah dan mempercepat penanganan listrik padam. Sistem baru yang disebut Supervisory Control And Data Acquisition (SCADA). Dengan teknologi baru ini, PLN bisa memonitor dan bertindak cepat untuk memulihkan listrik jika terjadi kerusakan jaringan.

Sebelum menggunakan sistem Scada ini, PLN menyelesaikan masalah pemadaman secara manual. Alhasil, penanganan listrik yang padam terkesan lambat karena personil PLN harus datang ke lokasi pemadaman terlebih dahulu untuk memastikan adanya kerusakan. Belum lagi, jika jalur yang padam termasuk jalur yang padat. Penanganan justru semakin lama.

Direktur Operasional Jawa Bali PT PLN (Persero) I Gusti Ngurah Adnyana menuturkan, hampir semua area distribusi di Jawa Bali telah menggunakan sistem baru yang butuh investasi Rp 2,5 miliar. Beberapa area yang belum memiliki sistem tersebut akan segera dipasang tahun ini.

"Target kami selanjutnya Jakarta, Bandung, dan Semarang," ungkap Adnyana pada peresmian sistem Scada di PLN Distribusi Jatim di Surabaya kemarin (10/2). Dia menuturkan, area distribusi Jatim harus secara serius melakukan manajemen kontrol listrik. "Jangan sampai kita punya alat, tapi tidak dioptimalkan. Akhirnya keluhan masyarakat tetap tidak bisa diatasi," jelasnya.

SURABAYA--PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (persero) menerapkan sistem baru untuk mencegah dan mempercepat penanganan listrik padam. Sistem baru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News