PLN Kaji Detektor Gangguan Canggih

PLN Kaji Detektor Gangguan Canggih
PLN Kaji Detektor Gangguan Canggih
JAKARTA - Upaya memperbaiki layanan kepada masyarakat terus dilakukan PLN. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kualitas teknologi. Nah, PLN Area Lenteng Agung, Jakarta Selatan saat ini sedang mengkaji kemungkinan dilakukannya penambahan teknologi dalam pelayanannya.

Menurut Manajer PLN Area Lenteng Agung Tris Yanuarsah, dia dan timnya memang sedang mengkaji adanya tambahan teknologi deteksi kerusakan jaringan listrik di wilayah layanannya. Tujuannya, kata dia, untuk mempermudah layanan dan mempercepat pelayanan kepada publik. ’’Dengan sistem komputerisasi, kami akan mengetahui lebih cepat di mana titik-titik kerusakan dalam area kami,’’ kata Tris kepada INDOPOS (JPNN Group).

Sejauh ini, lanjut pria yang baru pulang umroh tersebut, deteksi kerusakan masih dilakukan secara manual. Sehingga, lanjutnya, pelayanan tersebut membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Apalagi, beberapa titik di dalam wilayah Lenteng Agung masuk dalam kategori sangat macet.

Mengenai teknis konsepnya, Tris mengutarakannya secara sederhana. Intinya, kata dia, setiap trafo yang berjumlah 400 di wilayahnya dipasangi GPS (global positioning system). Nah, GPS tersebut dihubungkan ke dalam satu server yang berlokasi di kantor area. ’’Kaitannya dengan masyarakat, kondisi real time trafo atau kerusakan dapat dilihat langsung di website. Boleh lah keliatan peta jaringannya, warna hijau berfungsi sedangkan yang warna merah mengalami gangguan,’’ ujarnya. (irz)

JAKARTA - Upaya memperbaiki layanan kepada masyarakat terus dilakukan PLN. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kualitas teknologi. Nah, PLN


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News