PLN Masih Butuh 200 Titik Pembangkit

PLN Masih Butuh 200 Titik Pembangkit
PLN Masih Butuh 200 Titik Pembangkit
JAKARTA - PT PLN dan PT Siemens Industrial Power (SIP) sepakat meneken kerja sama penyediaan turbin dan genarator bagi pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) milik PLN. Dirut PLN Nur Pamudji mengatakan, kerja sama ini merupakan lompatan baru dalam industri ketenagalistrikan di tanah air, terutama dalam pengadaan turbin dan generator yang diproduksi langsung di dalam negeri.

 

Nur mengatakan, pihaknya telah mengindentifikasi setidaknya dalam waktu beberapa tahun ke depan, terdapat 15 lokasi pembangkit berkapasitas di bawah 20 MW yang membutuhkan ketersediaan turbin dan generator untuk mendukung penyediaan listrik di sejumlah tempat.  "Diharapkan, kebutuhan akan turbin dan generator tadi bisa dipenuhi oleh PT SIP, sehingga tidak diperlukan impor dari luar," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (9/6).

Perusahaan setrum plat merah ini juga telah mengindentifikasi sekitar 200 lokasi di sejumlah daerah yang masih membutuhkan pembangkit listrik dalam skala kecil dengan kapasitas di bawah 3 MW. Makanya, dalam jangka panjang pangsa pasar SIP untuk bisa mendukung PLN dengan menyediakan turbin dan generator dengan kapasitas yang lebih kecil masih sangat terbuka lebar.

 

Rencananya, untuk tahap awal, SIP akan memproduksi 4 unit generator dan turbin uap masing-masing berkapasitas 7 MW yang akan digunakan PLN dalam proyek pembangunan PLTU Timika, Papua.

 

JAKARTA - PT PLN dan PT Siemens Industrial Power (SIP) sepakat meneken kerja sama penyediaan turbin dan genarator bagi pembangkit listrik tenaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News