PLN Perkuat Jaringan Listrik di Kalimantan Dengan Sistem Looping

PLN Perkuat Jaringan Listrik di Kalimantan Dengan Sistem Looping
Pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150kV Batulicin–Tarjun. Foto dok PLN

jpnn.com, KALIMANTAN SELATAN - PT PLN melalui Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT) mengebut pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150kV Batulicin–Tarjun, untuk meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Kalimantan Selatan, Tengah dan Timur.

Pembangunan SUTT 150kV Batulicin–Tarjun sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) ini merupakan tahapan untuk membuat sistem Looping jaringan Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

Membentang sepanjang 79,765 kilo meter sirkit (kms) melintasi dua kabupaten yaitu Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Kotabaru.

Dengan jumlah tower sebanyak 114 tower, progres pembangunannya saat ini mencapai 88,18 persen. Nantinya, setelah SUTT 150kV Batulicin – Tarjun dapat beroperasi proses Looping jaringan akan dilanjutkan pembangunan dari Tarjun – Sei Durian – Grogot.

Josua Simanungkalit, General Manager PLN UIP KLT menjelaskan pembangunan di Provinsi Kalimantan Selatan, salah satunya SUTT 150kV Batulicin – Tarjun dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Proyek Kalimantan Bagian Timur 4 (UPP Kalbagtim 4) sebagai direksi pekerjaan.

Saat ini Tim di lapangan terus bersinergi dengan Kontraktor pelaksana pembangunan untuk dapat segera menyelesaikan pembangunan SUTT 150kV Batulicin – Tarjun melalui pengawasan yang sangat ketat.

Kondisi sistem kelistrikan di Provinsi Kalimantan Selatan yang sudah grid sistem atau interkoneksi dengan Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah memiliki beban puncak 1.260,5 megawatt dengan daya mampu 1.759,2 megawatt.

Dengan kata lain terdapat cadangan daya sebesar 498,7 megawatt yang dapat didistribusikan ke masyarakat.

PT PLN (Persero) terus memperkuat jaringan listrik guna mendorong roda perekonomian di sana.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News