PLN Tender Kabel Jawa-Sumatera 500 kV

PLN Tender Kabel Jawa-Sumatera 500 kV
PLN Tender Kabel Jawa-Sumatera 500 kV
JAKARTA - PT PLN (Persero) menargetkan tender proyek pembangunan jaringan kabel transmisi listrik bawah laut berdaya 500 kV yang menghubungkan Pulau Jawa hingga Sumatera dapat dimulai triwulan III-2011  "Saat ini, kami tengah menyiapkan dokumen lelangnya dan direncanakan  akan dibuka triwulan ketiga 2011," kata Direktur Perencanaan dan  Teknologi PLN, Nasri Sebayang di Jakarta, Kamis (19/5).

Menurutnya, sejumlah lembaga keuangan internasional telah menyatakan komitmennya membiayai proyek senilai USD 2 miliar tersebut. Di antaranya dari Japan International Cooperation Agency (JICA) yang bakal mendanai 85 persen kebutuhan investasi proyek dan 15 persen dari internal PLN. "Pinjaman dari JICA bertenor 30 tahun dan masa tenggang 10 tahun dengan bunga 0,3 persen per tahun," katanya.

Proyek tersebut, kata Nasri sangat penting mengingat kebutuhan listrik di wilayah Jawa terus meningkat, sementara sumber energi primernya berada di Sumatera khususnya di Sumatera Selatan. Pihaknya berharap konstruksi bisa dimulai pada awal 2012, sehingga pada 2016 bisa beroperasi. Kabel transmisi ini akan membentang sepanjang 700 km dari Bangko, Sumatera Selatan hingga Bogor, Jawa Barat. Kabel trasmisi tersebut juga dapat mentransfer aliran listrik berdaya hingga 3 ribu MW dari Sumatera ke Jawa.

Di Bangko, rencananya dibangun PLTU mulut tambang berkapasitas 4x600 MW sebagai sumber pasokan kabel tersebut. Kapasitas daya sebesar 3 ribu MW setara dengan pemakaian batubara 15 juta per tahun. "Bayangkan bagaimana efisiensi yang didapat dari proyek kabel ini," ucapnya.

JAKARTA - PT PLN (Persero) menargetkan tender proyek pembangunan jaringan kabel transmisi listrik bawah laut berdaya 500 kV yang menghubungkan Pulau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News