PLN UID Jakarta Raya Pasang Water Mist Generator, Penyemprotan Air 2 x Sehari

PLN UID Jakarta Raya Pasang Water Mist Generator, Penyemprotan Air 2 x Sehari
PLN UID Jakarta Raya memasang satu water mist generator. Foto: source for JPNN

jpnn.com - JAKARTA - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta telah memasang water mist generator di atap gedung kantor PLN UID Jakarta Raya yang terletak di Gambir, Jakarta Pusat.

Pemasangan alat penyemprot air otomatis itu merupakan salah satu upaya menekan polusi, sejalan juga dengan arahan Presiden Jokowi dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

"Water mist generator yang dipasang pada Jumat (8/9) itu merupakan implementasi penerapan teknologi modifikasi cuaca (TMC)," ujar General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran dalam keterangan tertulis, Minggu (10/9).

"Kami pasang satu di atap gedung kantor kami, yang tingginya sepuluh lantai,” imbuhnya.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Perekayasa Ahli Utama Riset BMKG Tri Handoko Seto Tri mengungkapkan bahwa water mist generator mampu menghasilkan semburan air (atau campuran air dengan bahan lainnya).

Semburannya berukuran halus, sehingga butiran air bisa berterbangan dan mengikat polutan agar meluruh ke permukaan tanah.

Butiran air yang halus juga membuat mist generator tidak boros air.

“Penyemprotan air dari atap gedung kantor kami dilakukan dua kali sehari, yaitu pada pagi hari mulai pukul 8 sampai 11 siang dan sore hari mulai pukul 13 sampai 15 sore,” tutur Lasiran. (*/jpnn)

PLN UID Jakarta Raya memasang satu water mist generator sebagai upaya menekan polusi.


Redaktur & Reporter : Mufthia Ridwan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News