Plus Minus 4 Tahun Anies Baswedan Memimpin DKI Jakarta

Plus Minus 4 Tahun Anies Baswedan Memimpin DKI Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Dedi Kurnia Syah menyebut beberapa hasil kinerja Anies Baswedan selama empat tahun memimpin DKI Jakarta yang baik dan buruk versi dirinya.

Secara umum, lanjut Dedi, kondisi Jakarta saat ini jauh lebih baik dan perubahan di Ibu Kota terlihat cepat dibanding kepemimpinan sebelumnya.

Dedi menilai justru hasil kinerja Anies selama empat tahun memimpin Jakarta yang paling patut dipuji adalah soal penanganan pandemi Covid-19.

"Karena jika kasus yang berkembang di Jakarta setara dengan daerah lain, bisa jadi daerah lain sudah menyerah. Artinya, melihat Anies di Jakarta tidak bisa hanya pada bagian akhirnya, tetapi juga proses dan kausalitasnya," kata Dedi kepada JPNN.com, Kamis (28/10).

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion itu menambahkan bahwa tidak adil jika menilai Jakarta dengan menyamakan standar kota lain.

Seperti soal hak tempat tinggal warga negara, lanjut Dedi, di Jakarta tidak bisa disamakan dengan provinsi lain.

Baca Juga:

"Di mana Jakarta menjadi pusat kota urban. Persentase terbesar masyarakat terdampak gusuran. Misalnya, bukan warga sosiologis maupun administratif Jakarta," ujar Dedi.

Selanjutnya, Dedi menyampaikan hasil kinerja Anies yang masih harus diperbaiki, yakni, soal pelayanan publik dinilai belum tertangani secara sistematis.

Pengamat politik Dedi Kurnia Syah menyebut beberapa hasil kinerja Anies Baswedan selama empat tahun memimpin DKI Jakarta yang baik dan buruk versi dirinya, simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News