PM Inggris Tarik Tentara dari Afghanistan

David Cameron Umumkan Rabu Lusa

PM Inggris Tarik Tentara dari Afghanistan
PM Inggris Tarik Tentara dari Afghanistan
LONDON - Rencana penarikan secara bertahap tentara AS dari Afghanistan mulai bulan ini bakal diikuti negara-negara lain yang tergabung dalam pasukan koalisi (ISAF). Salah satu di antaranya Inggris. Perdana Menteri (PM) David Cameron akan mengumumkan penarikan sedikitnya 500 pasukannya dari Afghanistan pada akhir 2012.

Langkah tersebut akan membuat jumlah tentara Inggris di Afghanistan berada di bawah angka krusial, yakni 9 ribu. Keputusan itu juga menandai langkah maju. Sebelumnya, pemerintahan Cameron pernah menyatakan akan menarik seluruh pasukan Inggris dari Afghanistan pada 2015.

Koran Sunday Times kemarin (3/7) memberitakan bahwa Cameron akan mengumumkan penarikan tentara Inggris itu pada Rabu lusa (6/7). Sementara itu, Sunday Telegraph mengungkapkan bahwa sebanyak 500 tentara Inggris akan ditarik pada pertengahan 2012.

Kementerian Pertahanan Inggris membenarkan bahwa pasukannya akan ditarik pulang lebih cepat. Tapi, mereka menolak menyebutkan jumlahnya. "Pasukan Inggris di Afghanistan akan dijaga dalam jumlah tertentu melalui evaluasi secara terus-menerus," tutur seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Inggris yang tak mau disebutkan namanya kemarin.

LONDON - Rencana penarikan secara bertahap tentara AS dari Afghanistan mulai bulan ini bakal diikuti negara-negara lain yang tergabung dalam pasukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News