PMI Adakan Pelatihan Membatik Untuk Kembangkan Kemampuan Pemuda Papua

PMI Adakan Pelatihan Membatik Untuk Kembangkan Kemampuan Pemuda Papua
Papua Muda Inspiratif memberikan pelatihan membatik untuk pemuda. Dok PMI.

jpnn.com, JAYAPURA - Komunitas Papua Muda Inspiratif (PMI) menggelar pelatihan membatik di gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Kota Jayapura pada Kamis (9/3).

Organisasi pemuda binaan Badan Intelijen Negara (BIN) itu mengajak anak-anak muda Papua untuk cinta membatik dan mampu melestarikan salah satu budaya Bumi Cenderawasih tersebut.

Pelatihan itu juga dimaksudkan untuk mengembangkan kreativitas, budaya, dan inovasi yang ada pada anak muda di Papua.

Pengajar dalam pelatihan ini, Miriam Veronica mengatakan motif dalam batik yang dibuat dalam pelatihan tersebut adalah khas Papua yang bersifat autentik karena hasil buah pemikiran para peserta.

"Ada yang mengangkat motif dari lambang keluarga mereka sendiri, ada yang dari tumbuhan, juga ada dari hewan-hewan air seperti penyu yang berarti umur panjang," kata dia.

Miriam menuturkan proses membatik dalam pelatihan tersebut menggunakan dua teknik, yakni membubuhkan malam (lilin batik) dengan canting dan kuas.

"Yang kuas ini sifatnya lebih ekspresif ya. Kalau canting sendiri, mereka masih belajar menggunakan canting," kata dia.

Dia mengaku takjub dengan antusiasme para peserta dalam pelatihan ini. Miriam mengatakan selama dia memberikan materi, anak muda Papua selalu bertanya dan ingin mencoba motif dan teknik baru.

Papua Muda Inspiratif berusaha mengembangkan kemampuan anak muda dengan menggelar pelatihan membatik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News