PMI Tuntas Bantu Korban Tsunami Mentawai

PMI Tuntas Bantu Korban Tsunami Mentawai
PMI Tuntas Bantu Korban Tsunami Mentawai
PADANG--Palang Merah Indonesia (PMI) Sumatera Barat dan  Manaco Red Cross (MRC) menuntaskan program Water Sanitation and Hygiene Promotion (WASH)  bagi korban gempa dan tsunami di Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Program PMI Sumbar dan MRC tersebut telah membantu  pembangunan sanitani (MCK) untuk 772 jiwa. Pembangunan sanitasi tersebut dibangun di lokasi hunian sementara.

"Diharapkan dengan bantuan sanitasi ini, kualitas kehidupan korban gempa Mentawai yang tinggal di huntara dapat lebih baik. Sebenarnya, kami juga ingin membantu pembangunan jaringan air bersih bagi masyarakat di sana. Namun karena lokasi hunian tetap (huntap) bagi korban gempa Mentawai belum jelas, kami tak berani membangunnya karena takut nanti ada persoalan atau terkena  pelebaran jalan untuk pembangunan  huntap," ujar Kepala Markas PMI Sumbar, Hidayatul Irwan kepada Padang Ekspres (Grup JPNN) Jumat (18/1) di kantor PMI Sumbar.

Ia menyebutkan, sebelumnya PMI telah membantu pembangunan hunian sementara (huntara) di titik relokasi di Pagai Selatan, lokasi paling Selatan di Mentawai. Sedikitnya ada 516 unit huntara yang telah dibantu pembangunannya di KM 32, KM 37 dan KM 40 serta Lakkau. Saat  huntara tersebut dibangun PMI, diakuinya belum dilengkapi fasilitas MCK yang memadai.

"Belum optimalnya kesadaran masyarakat tentang perubahan perilaku hidup bersih dan sehat ini disebabkan keterbatasan ketersediaan fasilitas air dan MCK," ujarnya.

PADANG--Palang Merah Indonesia (PMI) Sumatera Barat dan  Manaco Red Cross (MRC) menuntaskan program Water Sanitation and Hygiene Promotion (WASH) 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News