Polair Gagalkan Penyelundupan Barang Bekas dari Singapura

Polair Gagalkan Penyelundupan Barang Bekas dari Singapura
Ilustrasi pakaian bekas yang diselundupkan. Foto: Dok. JPNN

jpnn.com - DUMAI - Kapal Polair KP Kedidi 3015 berhasil mengagagalkan penyelundupan ratusan bal berisikan pakaian, sepatu dan celana bekas di perairan Siak, Riau, Selasa (29/3) malam.

Kapten Kapal Mabes Polair 3015 KP Kedidi Iptu Nicho Ericson menjelaskan, pakaian bekas itu diamankan dari KM Sinar Abadi. 

Penangkapan berawal dari laporan masyarakat yang mengatakan bahwa ada modus operandi baru dalam pengiriman balpres dari Singapura. Pelaku melakukan penyeludupan melalui antar pulau.

“Dari Singapura balpres tersebut diduga dibawa ke Tanjungpinang. Dari sana kemudian dibawa menggunakan kapal ke pulau-pulau lain termasuk Dumai dan Pekanbaru,” terangnya.

Begitu mendapat informasi, Kapal Patroli Mabes Polri melakukan penyelidikan di lapangan. Dengan membagi dua tim, mereka berjaga-jaga di perairan Pakning dan di muara Sungai Siak.

Sekitar pukul 21.00 WIB, petugas menemukan kapal yang sesuai informasi masyarakat tersebut. Kapal lalu didatangi dan dilakukan pemeriksaan.

“Kita lakukan pemeriksaan terhadap nakhoda, anak buah kapal dan muatan. Di bagian atas ditemukan tiga  mobil dan sepeda motor dengan nomor polisi asal Kepulauan Riau. Lantaran ada mobil, motor dan galon air, kita sulit melakukan pemeriksaan di bagian palka kapal,” kata Iptu Nicho.

Tidak kehabisan akal, petugas kemudian masuk melalui kamar mesin. Di sana ada celah yang bisa dibuka yang langsung tembus ke palka. Di sana ditemukan karung yang dibungkus rapi dengan menggunakan plastik hitam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News