Polda Jatim Kirim 100 Personel Brimob ke Papua

Polda Jatim Kirim 100 Personel Brimob ke Papua
Pasukan Brimob Polda Jatim. ilustrasi Foto: Jawa Pos/dok.JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Satbrimob Polda Jatim mengirim 100 personel ke Papua, Rabu (5/12) malam. Mereka ditugasi menjaga objek vital di lingkungan PT Freeport Indonesia (PTFI).

Hal tersebut diungkapkan Kasatbrimob Polda Jatim Kombespol I Ketut Gede Wijatmika sebelum memimpin apel keberangkatan pasukan di Bandara Juanda.

’’Mengejar KKSB itu bergantung perintah Kapolda Papua. Tapi, sejauh ini kami ditugasi untuk mengamankan Freeport,” ujarnya.

Polisi dengan tiga melati di pundak itu menyatakan, personel yang dikirim ke Nduga berstatus bawah kendali operasi (BKO). Mereka akan menjadi power on hands Kapolda Papua.

Meski penugasan mereka sudah jelas untuk menjaga PTFI, tetap ada kemungkinan Brimob Polda Jatim diikutkan dalam pengejaran KKSB. ’’Semuanya bergantung situasi. Namanya juga BKO,” sebut Wijatmika.

Seluruh personel setara satu kompi yang dikirim itu merupakan himpunan dari beberapa detasemen di Jatim. Mulai detasemen A dari Surabaya, detasemen B dari Malang, serta detasemen C dari Madiun dan Bojonegoro.

Wijatmika menyebutkan, ada juga beberapa anggota dari detasemen gegana yang punya keahlian khusus dalam penanganan antiteror hingga penanganan bahan kimia, biologi, dan radioaktif.

Para anggota diberangkatkan ke Papua dengan menggunakan pesawat carter komersial milik maskapai Sriwijaya Air. Pesawat transit dulu di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar. Kemudian, penerbangan dilanjutkan ke Papua. (mir/c7/oni)


Sebanyak 100 personel Brimob dari Polda Jatim dikirim ke Papua, terbuka kemungkinan ikut ditugaskan mengejar KKB (kelompok criminal bersenjata).


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News