Polda Sumbar Tak Punya Helikopter

Polda Sumbar Tak Punya Helikopter
Polda Sumbar Tak Punya Helikopter
PADANG -- Sarana dan prasarana di Mapolda Sumbar sungguh memprihatinkan. Selain lantaran rusak berat diguncang gempa 7,9 SR 30 September lalu, Mapolda Sumbar sendiri sudah lama tidak punya helikopter. Sejak jatuhnya helikopter Polda Sumbar September 2005 lalu, sampai kini belum ada penggantinya. Padahal, kata Kapolda Sumbar Brigjen Pol Andayono, helikopter ini cukup diperlukan melihat kondisi geografis Sumbar.

Kapolda didampingi Wakapolda Kombes Pol MF Soetjipto, serta Kepala Biro Logistik (Karo Log) Kombes Pol Bambang Heru menceritakan kondisi Polda dalam pertemuan terbatas mereka dengan Nudirman Munir Datuak Palimo Bandaro, anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Golkar , kemarin (11/12).

Dijelaskan Kapolda, hampir 75 sampai 80 persen bangunan di Kompleks Mapolda Sumbar rusak berat akibat guncangan gempa. Saking banyaknya gedung tidak bisa dipakai, aktivitas sejumlah satuan terpaksa dipindahkan ke sejumlah kawasan. Tidak itu saja, gempa juga menghancurkan barak personel Dalmas Polda Sumbar. Akibatnya, sampai sekarang belum ada lagi lokasi untuk standbay satu Satuan Setingkat Kompi (SSK), personel Dalmas siaga yang berjumlah 160 orang itu.

Dari laporan Kapolda Sumbar juga terungkap, lima polsek rusak total salah satunya di Kecamatan Aurmalintang, Padangpariaman. Selain itu juga, Polsek Sicincin, Kampungdalam, Sungaigeringging, Sungailimau di Padangpariaman, serta Polsek Kuranji Padang. Terungkap pula bahwa kapolda dan wakapolda tidak memiliki kendaraan dinas. Mobil dinas yang dipakai dua petinggi Polda Sumbar itu ternyata merupakan hibah kapolda sebelumnya, sejak tahun 1993 lalu.

PADANG -- Sarana dan prasarana di Mapolda Sumbar sungguh memprihatinkan. Selain lantaran rusak berat diguncang gempa 7,9 SR 30 September lalu, Mapolda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News