Polisi Beber Cara Kerja 2 Warga Bulgaria Bobol Uang Nasabah lewat ATM

Polisi Beber Cara Kerja 2 Warga Bulgaria Bobol Uang Nasabah lewat ATM
Polda Bali konferensi pers kasus skimming ATM yang melibatkan dua warga Bulgaria. Foto: Antara/Ayu Khania Pranisitha/2019

jpnn.com, DENPASAR - Polda Bali membeber cara kerja dua warga Bulgaria bernama Metodi Angelov Nikolov (39) dan Yanko Naydenov Borisov (34) saat melakukan skimming ATM.

Kedua pelaku yang sudah dibekuk itu menggunakan modus memodifikasi Tap Cash E-money pada mesin ATM.

"Modus yang digunakan pelaku itu ya dengan cara memasang peralatan berupa satu set router di bagian mesin ATM untuk mengambil data nasabah serta memasang kamera tersembunyi yang dimodifikasi menyerupai Tap Cash E-money untuk tahu PIN nasabah," kata Wadir Reskrimsus Polda Bali, AKBP Bambang Tertianto, di Denpasar, Rabu (29/1)

Pelaku bernama Metodi Angelov Nikolov dalam kasus ini bertugas untuk melepas alat kamera tersembunyi yang sudah dimodifikasi berupa Tap Cash E-money.

Pelaku ditangkap di seputaran ATM yang berada di daerah Canggu, Badung pada 17 Januari 2020.

"Jadi fungsi Tap Cash di situ untuk bisa merekam ketika nasabah mengetik password ATM-nya, sekaligus mendapatkan data korban yang sedang melakukan transaksi tersebut," jelasnya.

Yanko Naydenov Borisov ditangkap pada TKP berbeda yaitu di sebuah Villa daerah Seminyak, Badung. Tugas Borisov mencuri data secara ilegal, mengcopy dengan menggunakan kartu magnetik kredit card.

Bambang mengatakan bahwa selama ini pelaku sudah tinggal di Bali. Namun, sebelumnya pelaku juga sering keluar - masuk ke Bali untuk membaca situasi yang disasar menjadi target ilegal akses.

Dua warga Bulgaria pelaku skimming ATM modus memodifikasi Tap Cash E-money pada mesin ATM , telah ditangkap Polda Bali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News