Polisi Jaga Pelaksanaan Salat Id Penganut Islam Aboge di Banyumas

Polisi Jaga Pelaksanaan Salat Id Penganut Islam Aboge di Banyumas
Anggota Polsek Wangon mengamankan pelaksanaan Shalat Id dan silaturahmi yang digelar penganut Islam Aboge di Masjid Jami Baitussalam, Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Rabu (4/5/2022). ANTARA/Sumarwoto

jpnn.com, BANYUMAS - Penganut Islam Aboge (Alif Rego Wage) menggelar Salat Id di Masjid Jami Baitussalam, Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (4/5). Polisi melakukan pengamanan pelaksanaan Salat Id yang digelar penganut Islam Aboge tersebut. 

Kapolsek Wangon AKP Suprijadi mengatakan kegiatan pengamanan itu bertujuan untuk mengamankan kegiatan masyarakat. Dalam pengamanan itu, kata dia, pihaknya menerjunkan tiga anggota polisi dari Polsek Wangon dan melibatkan Koramil Wangon. 

“Kami mengantisipasi kemungkinan adanya gangguan atau hal-hal lain di luar dugaan," katanya ditemui di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (4/5). 

Salat Id di Masjid Jami Baitussalam diikuti sekitar 500 jemaah Aboge. 

Sementara, silaturahmi yang digelar seusai Salat Id tidak hanya diikuti jemaah Aboge, tetapi melibatkan warga yang telah merayakan Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1443 Hijriah pada Senin (2/5).

AKP Supriaji mengatakan berdasar informasi, pelaksanaan Salat Id penganut Islam Aboge dipusatkan di Masjid Jami Baitussalam karena warga di Dusun Gandarusa telah melaksanakannya pada hari Senin (2/5) meskipun perayaannya pada hari Rabu (4/5).

Selain di Wangon, penganut Islam Aboge di Kabupaten Banyumas juga tersebar di sejumlah kecamatan, antara lain Ajibarang, Pekuncen, dan Gumelar.

Penganut Islam Aboge memiliki perhitungan sendiri untuk menentukan 1 Syawal maupun peringatan hari besar Islam lainnya.

Polisi menjaga pelaksanaan Salat Id pengaut Islam Aboge di Banyumas, Jawa Tengah. Polisi melibatkan anggota TNI dari Koramil Wangon. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News