Polisi Jangan Lagi Seperti Security

Polisi Jangan Lagi Seperti Security
Polisi Jangan Lagi Seperti Security
JAKARTA -- Jajaran kepolisian adalah etalase masyarakat. Jika polisi baik, maka baik pula masyarakatnya. Sebaliknya, jika perilaku polisi buruk, maka perilaku masyarakatnya juga akan buruk.

"Kalau perilaku kepolisiannya sudah berubah, makin baik, berarti masyarakat juga makin membaik," ujar Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras), Usman Hamid dalam diskusi reformasi kepolisian di kantor PB HMI, Jl Diponegoro, Jakarta, Senin (18/1).

Menurut Usman, kondisi kepolisian yang masih sering berhadap-hadapan dengan masyarakat menunjukkan bahwa kepolisian belum berubah. Itu juga berarti bahwa reformasi di internal kepolisian juga belum tuntas.

"Hal tersebut menunjukkan bahwa kepolisian masih menjalani proses transisi dari polisi represif menjadi polisi demokratis," katanya. Usman menambahkan, polisi harusnya tidak lagi menonjolkan diri sebagai petugas keamanan (security) tetapi lebih sebagai aparat penegak hukum (justice).

JAKARTA -- Jajaran kepolisian adalah etalase masyarakat. Jika polisi baik, maka baik pula masyarakatnya. Sebaliknya, jika perilaku polisi buruk,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News