Polisi Kalah Cepat dengan Pembajak

Polda Metro Jaya Musnahkan 2,1 Juta CD Bajakan

Polisi Kalah Cepat dengan Pembajak
Polisi Kalah Cepat dengan Pembajak
JAKARTA- Kapolda Metro Jaya, Kapolda Metro Jaya, Irjen (pol) Wahyono mengakui polisi kalah cepat dengan pelaku pembajakan. Padahal, kata dia, upaya keras dilakukan seluruh jajaran kapolisian dalam menegakkan hukum.

"Perkembangan teknologi menjadi faktor utama masih adanya pembajakan. Selain itu, masyarakat masih membeli produk bajakan sehingga pembajkaan masih berlangsung," kata Wahyono saat pemusnahan barang bukti sebanyak 2,1 juta keping CD, DVD, MP3 bajakan yang berhasil disita dari 51 kasus tindak pidana sepanjang tahun 2009 di Mapolda Metro Jaya, Selasa (15/12).

Ditambahkan, akibat pembajakan ini negara kehilangan pendapatan dari pajak sekitar Rp7 miliar lebih. Sementara nominal barang bukti yang dimusnahkan ini, mencapati Rp200 miliar. Sebagai gambaran, dari 51 kasus tersebut 41 di antaranya telah dinyatakan rampung (P21). Sementara dari 67 tersangka sebanyak 57 di antaranya telah divonis.

Selain CD, polisi juga memusnahkan sejumlah mesin pengganda, cover pembungkus dan perlengkapan penggandaan lainnya. Pemusnahan dilakukan dengan merusak cakram bajakan itu dengan menggiling dalam mesin perusak. 

JAKARTA- Kapolda Metro Jaya, Kapolda Metro Jaya, Irjen (pol) Wahyono mengakui polisi kalah cepat dengan pelaku pembajakan. Padahal, kata dia, upaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News