Polisi Sikat 10 Anggota Sindikat Curanmor Lintas Wilayah

Polisi Sikat 10 Anggota Sindikat Curanmor Lintas Wilayah
Sndikat curamor. Foto: JPG/Pojokpitu

jpnn.com, PONOROGO - Polres Ponorogo berhasil membekuk sepuluh pelaku begal dan pencurian spesialis sepeda motor lintas kabupaten. Mereka ditangkap di sebuah tempat persembunyiannya, di kawasan Kecamatan Jatiroto, Wonogiri, Jawa Tengah.

Polisi terpaksa melumpuhkan para pelaku dengan tembakan karena berusaha melawan petugas menggunakan sejumlah senjata tajam.

Kompol Muhammad Roni Mustofa, Wakapolres Ponorogo, menjelaskan, dalam melancarkan aksinya para pelaku tergolong lihai dan cantik.

Sebab usai mencuri motor, barang curian langsung dimasukan kedalam mobil yang sudah dipersiapkan pelaku lain untuk mengganti pelat nomor dan helm.

"Baru setelah pelat nomor diganti, motor dikeluarkan dan dikemudikan oleh pelaku lain yang sudah bersiap didalam mobil," jelas Kompol Muhammad Roni Mustofa.

Untuk mencuri 1 unit sepeda motor, para pelaku hanya membutuhkan waktu 3 detik. Selain menggunakan kunci letter T, pelaku juga membawa kunci magnet yang sudah dimodifikasi.

"Tak jarang pula, pelaku nekat melukai korbannya jika aksi pencurian keburu ketahuan," imbuhnya.

Hasil pemeriksaan polisi, 10 pelaku yang tertangkap ini merupakan jaringan asal Pasuruan. Sebelum melakukan aksi, mereka selalu membuat skema dan peta untuk melancarkan aksinya.

Sampai hari ini, polisi masih melakukan pemeriksaan terhadap para pelaku. Apalagi dalam kurun waktu 3 bulan terakhir, di Ponorogo tercatat ada sekitar 65 kasus curanmor. (yos/jpnn)


Para pelaku pencurian motor hanya membutuhkan waktu 3 detik untuk melakukan aksinya tanpa ketahuan.


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News