Polisi Tembak Pencuri Perangkat Tower Jaringan Telekomunikasi 

Polisi Tembak Pencuri Perangkat Tower Jaringan Telekomunikasi 
Tim opsnal Unit 2 Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel menggiring tersangka T (34) pencuri perangkat tower telekomunikasi telepon seluler di Kota Palembang dan Kabupaten Banyuasin ke Mapolda (ANTARA/M Riezko Bima Elko P/22)

jpnn.com, PALEMBANG - Tersangka pencurian perangkat tower jaringan telekomunikasi lintas kabupaten/kota di Sumatera Selatan, Triyono (23), dibekuk jajaran Tim Opsnal Unit III Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel. 

Warga Jalan Naskah III, Kecamatan Sukarami, Kota Palembang, itu terpaksa ditembak pada kaki kanannya karena melakukan perlawanan untuk mencoba melarikan diri pada Rabu (23/3) dini hari sekitar pukul 00.25 WIB.

Kasubdit III Jatanras Direskrimum Polda Sumsel Kompol Agus Prihadinika mengatakan ada puluhan unit baterai di 10 tower jaringan telekomunikasi (base transceiver station) di Kota Palembang dan Kabupaten Banyuasin dicuri tersangka, Minggu (20/3).

“Setelah dilakukan penyelidikan ternyata tersangka ini mantan karyawan provider di sana, sehingga dia sudah tahu kondisi dan posisi baterai tenaga cadangan ketika arus listrik padam itu,” kata Agus di Palembang, Jumat (25/3). 

Kompol Agus menambahkan bahwa pencurian tersebut mengakibatkan timbulnya gangguan pada jaringan telekomunikasi yang meliputi area pancar tower. Pencurian itu juga mengakibatkan provider mengalami kerugian secara materiel.

Dia menjelaskan berdasar keterangan tersangka barang bukti baterai dijualnya ke penadah di kawasan Sekojo, Palembang, dengan nilai jual yang dia dapatkan ditaksir mencapai belasan juta rupiah. “Motifnya kebutuhan ekonomi keluarga,” ungkap Kompol Agus.

Saat ini, tersangka beserta barang bukti alat pengaman diri dan pakaian kerja provider diamankan di Mapolda Sumsel untuk proses pemeriksaan lebih lanjut. Tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman pidana penjara maksimal selama tujuh tahun. (antara/jpnn)

Polisi menembak pencuri perangkat tower jaringan telekomunikasi di Sumsel. Tersangka ditembak karena melawan dan mencoba kabur saat akan ditangkap. 


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News