Politisi PDIP Kritik Pemerintahan Jokowi, Satyo: Faktanya Penanganan Covid-19 Banyak Kontroversi

Politisi PDIP Kritik Pemerintahan Jokowi, Satyo: Faktanya Penanganan Covid-19 Banyak Kontroversi
Ilustrasi - PDI Perjuangan. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Oversight of Indonesia Democratic Policy Satyo Purwanto menilai PDIP mulai habis kesabaran terhadap pemerintah selama menangani pandemi Covid-19 yang memiliki banyak catatan negatif.

Terlebih lagi, penanganan pandemi lebih banyak diurusi oleh kader partai di luar PDIP. Misalnya, soal penugasan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan sebagai Koordinator PPKM Darurat di Jawa-Bali.

Akibat dari banyaknya persoalan dalam penanganan pandemi itu, kata Satyo, politikus parpol berlambang banteng moncong putih itu mulai melancarkan kritik kepada pemerintah.

Kritikan tersebut datang dari Ketua DPR sekaligus ketua DPP PDIP Puan Maharani, Effendi Simbolon dan Masinton Pasaribu.

"Faktanya, cara pemerintah Jokowi mengendalikan pandemi banyak menuai kontroversi dan dianggap terlalu percaya dan hanya mengandalkan LBP (Luhut Binsar Panjaitan, red)," tulis aktivis '98 itu melalui layanan pesan, Sabtu (7/8).

Dia beranggapan, PDIP berpotensi meraup simpati rakyat jika terus melancarkan kritik kepada pemerintah.

Tidak tertutup kemungkinan juga elektabilitas partai berwarna kebesaran merah itu akan terus naik dengan sikap kritis yang konsisten.

"PDIP merasa perlu memosisikan diri sebagai oposisi di sisa periode kepemimpinan Jokowi, salah satunya adalah  guna mendongkrak elektabilitas daripada terus menjadi pemadam kebakaran dari kebijakan Jokowi terkait pengendalian pandemi yang membuat masyarakat gregetan," tuturnya.

Direktur Eksekutif Oversight of Indonesia Democratic Policy Satyo Purwanto menilai PDIP mulai habis kesabaran dengan pemerintah selama menangani pandemi Covid-19 yang memiliki banyak catatan negatif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News