Polri Dapat Rapor Biru dari Pemudik

Polri Dapat Rapor Biru dari Pemudik
Polri Dapat Rapor Biru dari Pemudik

jpnn.com - JAKARTA - Kinerja pelayanan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri selama musim Mudik dan Balik Lebaran 2013 mendapat penilaian memuaskan dari masyarakat. Rapor biru itu diberikan berdasarkan hasil survei Lembaga Analis Ekonomi Politik dan Kebijakan Publik (Lanskap).

Peneliti Lanskap, Agung Wasono, mengatakan, survei tersebut dilakukan terbatas khusus pada tanggungjawab dan wewenang kepolisian selama arus mudik dan balik lebaran. "Menurut masyarakat, secara keseluruhan kinerja kepolisian memuaskan. Nilainya 7,30. Itu baik selama arus mudik dan balik lebaran," kata Agung dalam konferensi pers tentang survei tingkat kepuasan publik terhadap Polri dalam hal pelayanan lalu lintas lebaran 2013 di Jakarta Pusat, Kamis (22/8).

Terdapat 993 responden dalam survei Lanskap yang ditanyai di Simpang Jomin, Subang, Jatibarang, Indramayu, Simpang Palimanan-Cirebon, Nagrek, Lintas Kebumen-Yogyakarta, Gempol-Pasuruan, hingga Merak-Bakauheni.  Margin error dalam survei itu adalah 3,2 persen.

Diakui Agung, dengan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja kepolisian sebesar 7,30 persen, dan tingkat harapan 9,20 persen, masih terdapat celah sebesar 1,90 poin. Namun, secara keseluruhan pelayanan Polri saat mudik dan balik lebaran bisa disimpulkan memuaskan.

Hanya saja, survei Lanskap itu juga memberikan catatan atas kinerja Polri terutama pada wilayah-wilayah yang masih mendapatkan nilai di bawah 7. Misalnya di Babat Lamongan (6,83), Ketapang Banyuwangi  (6,69) dan Gempol Pasuruan (6,19). Sedangkan nilai kinerja terendah di titik Lintas Malang - Blitar - Tulung Agung-Kediri, yakni 5,33.

Dari hasil penelitian itu bisa juga dilihat penilaian kinerja tertinggi diberikan masyarakat untuk pernyataan "keberadaan petugas polisi yang mudah ditemui" yang mendapat poin 7,53. Sementara nilai kinerja terendah ada pada penyataan responden tentang "tempat istirahat di sepanjang perjalanan yang disediakan Polri maupun kerjasama Polri dengan instansi lain" dengan nilai 7,06.

"Namun demikian semua unit pernyataan mendapatkan nilai kinerja di atas 7 atau masuk kategori memuaskan," pungkas Agung.(fat/jpnn)


JAKARTA - Kinerja pelayanan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri selama musim Mudik dan Balik Lebaran 2013 mendapat penilaian memuaskan dari masyarakat.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News