Polri Kembali Kirim 140 Personel untuk Misi PBB di Sudan

Polri Kembali Kirim 140 Personel untuk Misi PBB di Sudan
Polri Kembali Kirim 140 Personel untuk Misi PBB di Sudan

jpnn.com - JAKARTA - Mabes Polri mengirimkan 140 personelnya yang tergabung dalam Satuan Tugas Formed Police Unit (FPU) VII bersandi Garuda Bhayangkara ke Sudan. Para personel Polri itu akan mengemban misi pemeliharaan perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Uni Afrika.

"Ada 140 personel yang kita berangkatkan dengan komposisi 100 personel taktis dan 40 personel pendukung," kata Kapolri Jenderal Sutarman saat memimpin upacara pemberangkatan di Mabes Polri, Rabu (26/11)

Sutarman menjelaskan, para personel Polri itu akan bertugas di Sudan selama setahun. Mereka menggantikan FPU VI yang sudah habis masa tugasnya.

Sutarman berpesan supaya personel Polri yang dikirim itu mampu mengemban tugas menjaga perdamaian dan mencegah konflik di wilayah penugasan. "Ini adalah tugas kemanusiaan," kata Sutarman.

Lebih lanjut Sutarman juga mengharaapkan FPU VII ini bisa mencermati dan menjadikan keberhasilan FPU sebelumnya sebagai referensi dalam menjalankan tugas. "Supaya bisa meraih prestasi," ungkap mantan Kapolda Jawa Barat dan Metro Jaya ini.

Hingga kini, kata Sutarman, sudah 1513 anggota Polri yang pernah bertugas di Sudan untuk mengemban misi perdamaian tersebut.

Seperti diketahui, Polri sejak 2008 mengirimkan FPU ke Darfur di bawah PBB untuk menggelar misi bernama  United Nations-African Union Mission in Darfur (UNAMID). Misi itu merupakan operasi menjaga keamanan terbesar yang beranggotakan sekitar 17.000 tentara dan 5.000 polisi dari berbagai negara.

UNAMID bertugas menjaga keselamatan penduduk sipil di Darfur. Dalam perkiraan PBB, konflik di Sudan sejak 2003 telah menewaskan sekitar 300 ribu orang.(boy/jpnn)

JAKARTA - Mabes Polri mengirimkan 140 personelnya yang tergabung dalam Satuan Tugas Formed Police Unit (FPU) VII bersandi Garuda Bhayangkara ke Sudan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News