Polri Klarifikasi Isu 'Amplop' USD 14 Juta ke Freeport

Polri Klarifikasi Isu 'Amplop' USD 14 Juta ke Freeport
Polri Klarifikasi Isu 'Amplop' USD 14 Juta ke Freeport
JAKARTA—Polemik dana keamanan yang disebut diberikan PT Freeport kepada Polri terus menggelinding. Pasalnya dana inilah yang dituding membuat independensi Polri mulai luntur dan berpihak pada pemodal. Terlebih jumlah dana yang konon diberikan Freeport itu tidak kecil, disebut-sebut mencapai USD 14 Juta.

Namun demikian polri mengaku siap diaudit dalam kasus ini. Mabes Polri kini meminta klarifikasi pihak Freeport untuk mengetahui jumlah dana yang diberikan dan kepada siapa dana tersebut disalurkan.

"Masalah uang yang 14 juta USD kita kan belum tahu siapa yg terima. Katanya diberikan kepada pemerintah, pemerintah yang mana juga kita ngga tahu. Nanti kita klarifikasi dulu. Yang jelas polri siap diaudit, kita transparan, kalau salah kita siap bertanggung jawab,’’ ujar Kadiv Humas Polri Irjen (pol) Saud Usman Nasution di Mabes Polri Jakarta, Selasa (1/11).

Sebelumnya Kapolri Jenderal (pol) Timur Pradopo membenarkan adanya dana yang diterima anak buahnya dari Freeport. Meski tak memastikan jumlahnya, Timur menyebut dana tersebut bersifat kondisional mengingat sulitnya medan tugas. Itupun tambah Timur, diberikan langsung dari Freeport kepada prajurit yang bertugas.

JAKARTA—Polemik dana keamanan yang disebut diberikan PT Freeport kepada Polri terus menggelinding. Pasalnya dana inilah yang dituding membuat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News