Polri Sebut Tingkat Kejahatan di Bulan Ramadan Menurun

Polri Sebut Tingkat Kejahatan di Bulan Ramadan Menurun
Kabag Penum Polri Kombes Pol Asep Adisaputra (kanan). Foto: ANTARA/Anita Permata Dewi

jpnn.com, JAKARTA - Kabagpenum Divhumas Polri Kombes Asep Adisaputra menyebutkan bahwa memasuki awal Ramadan tahun ini, angka kriminalitas yang terjadi di seluruh Indonesia mengalami penurunan.

Hal ini diketahui dari hasil pendataan yang dilakukan dari akhir Maret hingga akhir April atau memasuki awal Ramadan, tingkat kriminalitas turun 19,90 persen.

“Rincinnya pada Maret sebesar 19.128 kasus dan pada April mengalami penurunan yang cukup signifikan menjadi 15.322 kasus,” ujar Asep kepada wartawan, Senin (4/5).

Lanjut Asep menerangkan, khusus di pekan ke-16 hingga ke-17 terjadi penurunan sebesar 1,34 persen.

“Adapun rinciannya, jumlah kejahatan pada pekan ke-16 sebanyak 3.587 kasus sedangkan untuk pekan ke-17 sebanyak 3.539 kasus atau mengalami penurunan sebanyak 48 kasus,” sambung Asep.

Namun, dari penurunan itu, Polri mencatat ada kenaikan untuk angka kejahatan jalanan. “Ada kenaikan angka kejahatan jalanan secara kuantitas dan kualitas seperti jambret, perampokan, pencurian bermotor, dan pembongkaran beberapa minimarket,” sebut Asep.

Asep pun tidak memerinci berapa total kenaikan angka kejahatan jalanan tersebut. Dia hanya mengimbau agar masyarakat terus melaksanakan apa yang telah ditetapkan pemerintah dalam hal kebijakan larangan mudik dan terus meningkatkan disiplin dalam physical distancing.

BACA JUGA: Komplotan Begal Sadis Ini Akhirnya Ditangkap, Lihat tuh Tampangnya

Kabagpenum Divhumas Polri Kombes Asep Adisaputra menyebutkan bahwa memasuki awal Ramadan tahun ini, angka kriminalitas yang terjadi di seluruh Indonesia mengalami penurunan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News