Polri Siap Bantu Pembagian Zakat

Polri Siap Bantu Pembagian Zakat
Polri Siap Bantu Pembagian Zakat
JAKARTA -  Kapolri Jenderal Pol Sutanto siap menertibkan pembagian zakat terbuka yang mengundang ribuan massa. Jenderal bintang empat yang akan memasuki masa pensiun pada 30 September tersebut meminta siapapun yang akan membagikan zakat harus mempertimbangkan risiko keamanan.

’’Mengumpulkan massa, apalagi rakyat miskin, dengan iming-iming uang atau zakat itu gampang. Tapi, akibatnya bisa fatal seperti yang terjadi di Pasuruan. Mengumpulkan massa itu juga rawan kerusuhan, jika ada oknum yang sengaja memanfaatkan itu untuk tujuan tidak benar, itu bahaya,” katanya di Istana Kepresidenan, Senin (16/9).

Karena itu, untuk mengantisipasi keamanan, Sutanto akan menertibkan model pembagian zakat terbuka.’’Kita akan melarang pembagian zakat dengan melibatkan massa. Kita akan arahkan si pembagi zakat dengan cara yang lebih efisien dan aman,” jelasnya saat acara buka bersama dengan Presiden SBY di Istana Negara kemarin.’’Tidak harus bagi-bagi amplop kepada ribuan orang. Bila perlu, catat dan data dulu mereka yang layak dapat zakat, dan bagikan dengan tertib,” imbuhnya.

Dalam dua pekan menjelang Lebaran, pihaknya akan mengoptimalkan pengawasan terhadap pembagian zakat terbuka. ’’Bila kita mengetahui dan dengar lagi akan ada bagi-bagi zakat terbuka, akan kita amankan. Bila perlu dibatalkan dan diganti dengan cara pembagian zakat yang profesional. Usahakan jangan umumkan ke masyarakat kalau mau membagi zakat. Sayang, tujuannya baik tapi bisa berkibat fatal,” jelasnya.    

JAKARTA -  Kapolri Jenderal Pol Sutanto siap menertibkan pembagian zakat terbuka yang mengundang ribuan massa. Jenderal bintang empat yang akan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News